Detail Cantuman Kembali
Amalia Putri - Personal Name

PENGARUH KOMBINASI TEPUNG MAGGOT (Hermetia illucens L.) DAN AMPAS KELAPA SEBAGAI PAKAN ALTERNATIF TERHADAP PERTUMBUHAN IKAN LELE SANGKURIANG (Clarias gariepinus var)

Salah satu aspek penting dalam kegiatan budidaya adalah pakan karena dapat mempengaruhi pertumbuhan dan kelulusan hidup ikan saat pemeliharaan. Akan tetapi biaya pakan komersial sangat mahal. Maggot dapat digunakan sebagai pengganti tepung ikan dan ampas kelapa sebagai bahan campuran pada pakan ikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi tepung maggot (Hermetia illucens L.) dan Ampas kelapa terhadap pertumbuhan ikan lele sangkuriang (Clarias gariepinus var) dan untuk mengetahui persentase kombinasi tepung maggot (Hermetia illucens L.) dan Ampas kelapa terhadap pertumbuhan ikan lele sangkuriang (Clarias gariepinus var). Metode yang digunakan yaitu metode rancangan acak lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 4 kali pengulangan selama 60 hari. Hasil dari penelitian ini didapatkan pakan alternatif tepung maggot (Hermetia illucens L.) 100% memberikan pengaruh yang baik terhadap pertumbuhan panjang dan pertambahan bobot ikan lele sangkuriang (Clarias gariepinus var) dan pada perlakuan E maggot 100% menghasilkan pertumbuhan terbaik terhadap pertumbuhan panjang dan pertambahan bobot ikan lele sangkuriang (Clarias gariepinus var).

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH KOMBINASI TEPUNG MAGGOT (Hermetia illucens L.) DAN AMPAS KELAPA SEBAGAI PAKAN ALTERNATIF TERHADAP PERTUMBUHAN IKAN LELE SANGKURIANG (Clarias gariepinus var)
Pengarang Amalia Putri - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI AMA p 2024
Subyek Ikan lele sangkuriang
Maggot
Ampas Kelapa
Panjang
Bobot
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan Biologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua