Detail Cantuman Kembali

HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN KESEPIAN PADA ISTRI YANG MENJALANI PERNIKAHAN JARAK JAUH (Pada Istri TNI-AD Yonif 611 Awang Long)

Pada umumnya, pasangan yang sudah menikah ingin tinggal bersama di satu rumah yang sama. Tetapi keadaan tersebut tidak lagi menjadi standar untuk sebuah pernikahan bagi beberapa pasangan karena banyaknya tuntutan yang membuat pasangan yang sudah menikah menjalani pernikahan jarak jauh. pasangan yang menjalani pernikahan jarak jauh akan menghadapi banyak masalah karena terpisahnya jarak antara mereka, salah satunya masalah kesepian. Dari banyaknya faktor penyebab kesepian, komunikasi interpersonal menjadi salah satu faktor rasa kesepian itu muncul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan komunikasi interpersonal dengan kesepian pada istri yang sedang menjalani pernikahan jarak jauh pada istri TNI-AD Yonif 611 Awang Long. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 85 istri TNI-AD Yonif 611 Awang Long yang sedang menjalani pernikahan jarak jauh dengan suaminya yang dipilih dengan menggunakan teknik total sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan skala kesepian dan komunikasi interpersonal. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan negatif antara komunikasi interpersonal dengan kesepian pada istri TNI-AD Yonif 611 Awang Long yang sedang menjalani pernikahan jarak jauh dengan nilai r hitung = -0.394 > r tabel = 0.213 dan nilai p = 0.000 (p

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN KESEPIAN PADA ISTRI YANG MENJALANI PERNIKAHAN JARAK JAUH (Pada Istri TNI-AD Yonif 611 Awang Long)
Pengarang THERESIA DWI ULI BR. PURBA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI TER h 2024
Subyek Kesepian
komunikasi interpersonal
pernikahan jarak jauh
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan PSIKOLOGI
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua