Detail Cantuman Kembali
RAIDHA FEBBY NURYANY - Personal Name

PERTANGGUNGJAWABAN RUSIA ATAS KERUSAKAN BENDA BUDAYA AKIBAT KONFLIK BERSENJATA DI UKRAINA

Raidha Febby Nuryani, NIM 1808015026, Long Hubung 05 Februari 2001,Minat Studi Hukum Internasional, Dengan Judul PERTANGGUNGJAWABAN RUSIA ATAS BENDA BUDAYA AKIBAT KONFLIK BERSENJATA DI UKRAINA, dibawah bimbingan Bapak Dr. Mahendra Putra Kurnia, S.H., M.H selaku Pembimbing Utama dan Ibu Grizelda, S.H., M.H selaku Pembimbing
Pendamping.
Konflik bersenjata antara Ukraina dan Rusia tidak hanya menimbulkan kerugian terhadap manusia, namun juga menimbulkan kerugian terhadap benda budaya bersejarah yang telah mengalami kerusakan akibat terjadinya konflik bersenjata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pertanggungjawaban Rusia dalam konflik bersenjata yang mengakibatkan kerusakan benda budaya.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan doktrinal yang bertujuan untuk mengetahui dua pokok pembahasan: Pertama, penulis inginmenganalisis mengapa Rusia harus bertanggung jawab melalui dasar-dasar hukum yang berlaku. Kedua, penulis ingin mengkaji dan menganalisis bentuk pertanggungjawaban Rusia dalam konflik bersenjata yang mengakibatkan kerusakan pada situs-situs benda budaya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dampak dari kerusakan benda budaya di Ukraina telah menghilangkan sejarah serta identitas negaranya, berdasarkan Draft Articel on Responsinibility of States International Law Commision 2001, bentuk pertanggungjawaban Rusia ialah dengan menarik semua pasukan militernya keluar dari wilayah negara Ukraina dan berjanji tidak akan menyerang tempat budaya bersejarah itu (Cessation), Rusia juga mengupayakan pertanggungjawaban dengan membayar sejumlah nilai sebagai ganti rugi atas kerugian yang timbul dari kerusakan benda budaya tersebut (Reparasi), Rusia juga dapat melakukan perundingan diplomatik disertai permintaan maaf secara resmi dan memberikan jaminan tidak mengulangi serta melakukan penggantian ganti rugi secara material (sejumlah uang) atau non-pecuniary bukan sejumlah uang (Satisfaction).

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERTANGGUNGJAWABAN RUSIA ATAS KERUSAKAN BENDA BUDAYA AKIBAT KONFLIK BERSENJATA DI UKRAINA
Pengarang RAIDHA FEBBY NURYANY - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI RAI p 2024
Subyek Benda Budaya
Konflik Bersenjata
Pertanggungjawaban Rusia
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Hukum
Jurusan Hukum Internasional
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua