Detail Cantuman Kembali
Wa Dina - Personal Name

Analisis Cluster Kabupaten/Kota Berdasarkan Tingkat Pengangguran di Provinsi Kalimantan Timur dengan Menggunakan Pendekatan Fuzzy C-Means (FCM)

Metode Fuzzy C-Means (FCM) adalah salah satu metode cluster non hirarki yang memiliki tujuan untuk mengelompokan data yang memiliki kesamaan atribut dalam satu kelompok dan atribut yang berbeda dikelompokan dalam kelompok yang lain. Metode Fuzzy C-Means dapat diterapkan untuk mengelompokan tingkat pengangguran. Pengangguran adalah sekumpulan orang yang tidak bekerja atau sekumpulan orang yang sedang mencari pekerjaan dengan tujuan untuk mendapatkan pekerjaan. Pada penelitian ini membahas mengenai analisis cluster kabupaten/kota Provinsi Kalimantan Timur berdasarkan tingkat pengangguran dengan menggunakan pendekatan Fuzzy C-Means (FCM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari penerapan metode Fuzzy C-Means (FCM) untuk mengelompokan Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Timur dengan tingkat pengangguran tinggi, sedang, dan rendah. Adapun variabel yang digunakan yaitu PDRB(x1), TPAK (x2), IPM (x3) dan jumlah penduduk usia 15 tahun ke atas (x4). Berdasarkan hasil dan pembahasan diperoleh tiga cluster tingkat pengangguran. Pada cluster 1 dikategorikan untuk wilayah dengan tingkat pengangguran sedang yang terdiri atas 5 kabupaten/kota, cluster 2 dikategorikan untuk wilayah dengan tingkat pengangguran tinggi yang terdiri atas 1 kabupaten/kota, dan cluster 3 dikategorikan untuk wilayah dengan tingkat pengangguran rendah yang terdiri atas 4 kabupaten/kota. Nilai validitas hasil cluster dengan menggunakan metode Silhouette Coefficients diperoleh sebesar 0,419568 yang berarti struktur hasil cluster tersebut lemah.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Cluster Kabupaten/Kota Berdasarkan Tingkat Pengangguran di Provinsi Kalimantan Timur dengan Menggunakan Pendekatan Fuzzy C-Means (FCM)
Pengarang Wa Dina - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI WAD a 2024
Subyek Fuzzy C-Means
Pengangguran
Silhouette Coefficients
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan Matematika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua