Detail Cantuman Kembali
Nur Indah Oktaviani - Personal Name

Analisis Pendapatan dan Saluran Pemasaran Usahatani Jagung Pipil (Zea mays) di Desa Loa Ulung Kecamatan Tenggarong Seberang Kabupaten Kutai Kartanegara

NUR INDAH OKTAVIANI. Analisis Pendapatan dan Saluran Pemasaran Usahatani Jagung Pipil (Zea mays) di Desa Loa Ulung Kecamatan Tenggarong Seberang Kabupaten Kutai Kartanegara. Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2024. (dibawah bimbingan Siti Balkis dan Muhammad Erwan Suriaatmaja).
Usahatani jagung pipil merupakan suatu usaha yang memiliki prospek pasar yang baik untuk dikembangkan. Sebagai komoditas tanaman pangan, permintaan jagung pipil akan mengalami peningkatan terus-menerus sehingga petani membutuhkan saluran pemasaran agar hasil panen petani sampai ke tangan konsumen dan dapat meningkatkan pendapatan petani.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besar biaya produksi, penerimaan, pendapatan, tingkat efisiensi, dan saluran pemasaran usahatani jagung pipil di Desa Loa Ulung, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Tenggarong Seberang.
Penelitian ini dilaksanakan di Desa Loa Ulung, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara pada bulan November 2023-Januari 2024. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling, yaitu sebanyak 50 petani dan menggunakan teknik snowball sampling yang digunakan untuk menentukan saluran pemasaran. Metode pengambilan data dilakukan dengan data primer dan data sekunder, yaitu observasi, wawancara langsung terhadap responden, dan studi kepustakaan. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis pendapatan dan R/C Ratio.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa total biaya produksi yaitu sebesar Rp. 292.179.325,00 mt-1 dengan rata-rata total biaya yaitu sebesar 5.843.587,00 ha-1 mt-1 dan total penerimaan yaitu sebesar Rp. 1.886.339.000,00 mt-1 dengan rata-rata penerimaan yaitu sebesar Rp. 37.726.780,00 ha-1 mt-1 . Besar pendapatan usahatani jagung pipil selama musim tanam yaitu sebesar Rp. 1.594.159.675,00 mt-1 dan rata-rata pendapatan yaitu sebesar Rp. 31.883.194,00 ha-1 mt-1 . Angka R/C Ratio pada usahatani jagung pipil sebesar 6,46, artinya bahwa pengelolaan usahatani jagung pipil sudah efisien dan menguntungkan untuk diusahakan. Usahatani jagung pipil di Desa Loa Ulung memiliki satu saluran pemasaran yaitu saluran pemasaran tiga tingkat (Petani-Tengkulak-Pedagang Besar-Pedagang Pengecer-Konsumen).

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Pendapatan dan Saluran Pemasaran Usahatani Jagung Pipil (Zea mays) di Desa Loa Ulung Kecamatan Tenggarong Seberang Kabupaten Kutai Kartanegara
Pengarang Nur Indah Oktaviani - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NUR a 2024
Subyek pendapatan
Saluran Pemasaran
R/C Ratio
: Jagung Pipil
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Agribisnis
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua