PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN RASA PERCAYA DIRI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 TANAH GROGOT
Arni, 2024. Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Rasa Percaya Diri terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanah Grogot. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. H. Muh. Amir Masruhin. M.Kes. selaku pembimbing I dan Dr. Pintaka Kusumaningtyas, S.Pd., M.Si. selaku pembimbing II
Penelitian ex post facto ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar dan rasa percaya diri terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanah Grogot. Dalam penelitian ini kebiasaan belajar (X1) dan rasa percaya diri (X2) sebagai variabel bebas dan hasil belajar kimia (Y) sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanah Grogot. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah probability sampling, sedangkan, metode yang digunakan adalah simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan tes. Angket digunakan untuk memperoleh data kebiasaan belajar dan rasa percaya diri siswa, sedangkan tes digunakan untuk memperoleh hasil belajar kimia. Berdasarkan perhitungan analisis deskriptif diperoleh bahwa skor kebiasaan belajar dan rasa percaya diri masing-masing termasuk kategori sedang, dan rata-rata skor hasil belajar kimia adalah 62,84 termasuk kategori sedang. Hasil perhitungan uji asumsi diperoleh data berdistribusi normal, data bersifat homogen, model hubungan variabel bebas terhadap variabel terikat adalah linier, dan tidak terjadi multikolinieritas antara kedua variabel bebas. Adapun analisis inferensial menggunakan regresi linier ganda, diperoleh nilai konstanta sebesar -36,42; nilai koefisien regresi kebiasaan belajar sebesar 0,57; dan nilai koefisien regresi rasa percaya diri sebesar 0,67. Selain itu, diperoleh nilai Fhitung sebesar 128,61; nilai koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,78 yang menunjukkan bahwa 78% model regresi dugaan dapat menjelaskan pengaruh kebiasaan belajar dan rasa percaya diri siswa terhadap hasil belajar kimia siswa, nilai thitung kebiasaan belajar sebesar 5,90 dan nilai thitung rasa percaya diri sebesar 6,18. Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka ditemukan bahwa terdapat pengaruh kebiasaan belajar dan rasa percaya diri terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanah Grogot.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN RASA PERCAYA DIRI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 TANAH GROGOT |
---|---|
Pengarang | Arni - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ARN p 2023 |
Subyek | kebiasaan belajar rasa percaya diri Hasil Belajar Kimia |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Kimia |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY