Detail Cantuman Kembali
Hariyanto Nugroho - Personal Name

Pengaruh Kombinasi Tepung Maggot (Hermetia illucens L) Dan Azolla microphylla Sebagai Pakan Alternatif Terhadap Panjang Dan Bobot Ikan Lele Sangkuriang (Clarias gariepinus Buchell,1822)

Hariyanto Nugroho, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Mulawarman 2024. Pengaruh Kombinasi pakan Tepung maggot (Hermetia illucens L.) Dan Azolla microphylla Sebagai Pakan Alternatif Terhadap Panjang Dan Bobot Ikan Lele Sangkuriang (Clarias gariepinus Buchell,1822) Dibimbing oleh Drs. Sus Trimurti, M.P. dan Dr. Lariman, M.Si.
Ikan lele sangkuriang memiliki pertambahan panjang dan bobot yang cepat dan memiliki kemampuan beradaptasi dengan baik terhadap kondisi lingkungan. Selain itu, ikan lele merupakan jenis ikan yang tergolong sebagai pemakan segala. Meskipun ikan lele merupakan pemakan segala, pelet merupakan pakan utama bagi ikan lele. Namun, masalah yang sering muncul adalah tingginya harga bahan pakan pelet bagi para pembudidaya, oleh karena itu dibutuhkan pakan alternatif, salah satunya tepung maggot (Hermetia illucens) karena memiliki protein yang tinggi. Azolla juga dapat digunakan sebagai pakan alternatif untuk ikan lele sangkuriang (Clarias gariepinus) karena memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi, kandungan protein, lemak, karbohidrat, dan serat kasar. Perlu diadakan penelitian dengan kombinasi pakan maggot dan azolla microphylla yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kombinasi dua pakan tersebut terhadap panjang dan bobot ikan lele sangkuriang. Dengan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : Perlakuan 1 (Pakan komersial 100%). Perlakuan 2 (tepung maggot 75% dan azolla microphylla 25%). Perlakuan 3 (tepung maggot 50% dan azolla microphylla 50%). Perlakuan 4 (tepung maggot 25% dan azolla microphylla 75 %). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tingkat kelangsungan hidup ikan lele sangkuriang pada penelitian ini yaitu berkisar antara 96% - 100%, tingkat kelangsungan hidup ikan lele sangkuriang yang berumur 26-40 hari yaitu > 90% . Tingginya persentase kelangsungan hidup ikan lele sangkuriang dikarenakan kualitas air selama penelitian sangat terjaga yaitu dengan parameter pH , suhu yang berada dalam batas toleransi untuk kehidupan ikan lele. Rata-rata panjang ikan lele sangkuriang yang diberi perlakuan kombinasi pakan tepung maggot dan Azolla microphylla berkisar antara 9,83-14,66 cm. rata-rata bobot ikan lele sangkuriang yang diberi perlakuan kombinasi pakan tepung maggot dan Azolla microphylla berkisar antara 35,46-52,27 gram. Pertambahan panjang bobot terbaik terdapat pada perlakuan 3 (P3) dengan kombinasi pakan tepung maggot 50% dan azolla microphylla 50% yaitu dengan nilai rata- rata panjang sebesar 14,66 cm dan rata-rata bobot 52,27 gr.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengaruh Kombinasi Tepung Maggot (Hermetia illucens L) Dan Azolla microphylla Sebagai Pakan Alternatif Terhadap Panjang Dan Bobot Ikan Lele Sangkuriang (Clarias gariepinus Buchell,1822)
Pengarang Hariyanto Nugroho - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI HAR p 2024
Subyek Ikan lele sangkuriang
Azolla microphylla
maggot,
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan S-1 Biologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua