PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHUBUNGKAN LATAR CERPEN DENGAN REALITAS SOSIAL MELALIU MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING SISWA KELAS VII SMP SYAICHONA CHOLIL SAMARINDA UTARA TAHUN AJARAN 2013/2014
ABSTRAK
Eko Prasetiyo, 2015. Peningkatan Kemampuan Menghubungkan Latar Cerpen dengan Realitas Sosial Melalui Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Siswa Kelas VII SMP Syaichona Cholil Samarinda Utara Tahun Ajaran 2013//2014. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman, dibimbing oleh Dr. Asnan Hefni, M.Si dan Dr.Hj.Widyatmike GM, M.Hum
Kata Kunci : Peningkatan, Latar Cerpen, Student Falitator and Explaining Kendala guru dalam pembelajaran mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia ialah kurangnya minat siswa, aktifitas siswa, kreativitas dalam belajar dan penerapan metode pembelajaran yang tepat dengan materi pembelajaran belum diterapkan secara maksimal, sehingga materi yang diajarkan kurang menarik perhatian siswa.
Permasalahan yang timbul pada penelitian i ni adalah bagaimana peningkatan kemampuan siswa dalam menghubungkan latar cerpen dengan realitas sosial dengan menggunakan Model pembelajaran Student Facilitor and Explaining pada siswa kelas VII SMP Syaichona Cholil Samarinda Utara. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia serta meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining.
Kemampuan menghubungkan latar cerpen dengan realitas sosial sehingga menghasilkan pembelajaran yang efektif dan efesien. Sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah meningkatkan mutu pembelajaran, meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif, meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa dalam pembelajaran sehingga diperoleh kompetensi yang optimal. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah kemampuan menghubungkan latar cerpen dengan relitas sosial siswa kelas VII SMP Syaichona Cholil Samarinda Utara sebanyak 27 orang siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Analisis data meliputi data kualitatif.
Jadi, hasil yang diperoleh menunjukkan peningkatan setelah dilakukan penelitian tindakan kelas yang meliputi siklus I dan siklus II melalui Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining. Berdasarkan nilai rata-rata pada tahap pratindakan 61,48, pada siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 61,85 dan rata-rata siklus II meningkat menjadi 78,51. Perubahan ini mengalami peningkatan ke arah yang baik setelah menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining untuk menghubungkan latar cerpen dengan realitas sosial pada siswa kelas VII SMP Syaichonan Cholil Samarinda Utara.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHUBUNGKAN LATAR CERPEN DENGAN REALITAS SOSIAL MELALIU MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING SISWA KELAS VII SMP SYAICHONA CHOLIL SAMARINDA UTARA TAHUN AJARAN 2013/2014 |
---|---|
Pengarang | EKO PRASETIYO - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2015 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY