PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL DAN KONDISI EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI SISWA KELAS XII DI SMK YPM DIPONEGORO TENGGARONG SEBERANG
Pendidikan merupakan aspek penting dalam kehidupan manusia, karena setiap individu mengalami proses pendidikan yang dimulai dari interaksi pertama dengan anggota keluarga dan belajar dari lingkungan sosialnya, dalam proses pendidikan kondisi ekonomi orang tua memiliki peran penting dalam mendukung pendidikan anak dan kemampuan mereka untuk melanjutkan pendidikan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sosial dan kondisi ekonomi orang tua terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi siswa kelas XII di SMK YPM Diponegoro Tenggarong Seberang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan teknik pengambilan data melalui penyebaran kuesioner. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas XII di SMK YPM Diponegoro. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik sampling jenuh dengan jumlah semua populasi. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari perhitungan uji parsial atau uji t pada lingkungan sosial menunjukkan bahwa t hitung -0,252 < t tabel 2,030 yang berarti tidak terdapat pengaruh secara parsial dan signifikan terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Sedangkan kondisi ekonomi orang tua menunjukkan bahwa t hitung 4,316 > t tabel 2,030 yang berarti terdapat pengaruh secara parsial dan signifikansi terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Hasil uji simultan atau uji F pada penelitian ini memperoleh F hitung 13.548 > F tabel 3,267 yang berarti bahwa lingkungan sosial dan kondisi ekonomi orang tua berpengaruh secara simultan terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi siswa kelas XII di SMK YPM Diponegoro. Besar pengaruh kedua variabel bebas terhadap variabel terikat yakni sekitar 43,6%. Maka dapat disimpulkan bahwa lingkungan sosial dan kondisi ekonomi orang tua secara simultan berpengaruh terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL DAN KONDISI EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI SISWA KELAS XII DI SMK YPM DIPONEGORO TENGGARONG SEBERANG |
---|---|
Pengarang | Clara Dian Rahayu - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI CLA p 2024 |
Subyek | Lingkungan sosial Kondisi Ekonomi Orang Tua Motivasi Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Ting |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Ekonomi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY