PENGARUH PENGGUNAAN FITUR PAYLATER DAN MOTIVASI BELANJA HEDONIS TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA MARKET PLACE (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis) Universitas Mulawarman)
Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi khususnya internet, telah memberikan dampak signifikan pada berbagai sektor, salah satunya adalah kemajuan teknologi yang umum digunakan oleh masyarakat yaitu e-commerce yang menawarkan kemudahan dalam proses pembayaran dan dapat diakses oleh berbagai kalangan, termasuk fitur paylater. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan fitur paylater dan motivasi belanja hedonis terhadap pembelian impulsif mahasiswa angakatan 2021 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik pengambilan data melalui penyebaran kuesioner. Populasi pada penelitian ini yaitu mahasiswa angkatan 2021 FEB Universitas Mulawarman. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan mengambil 90 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan tidak ada pengaruh secara parsial dan signifikan terhadap pembelian impulsif. Selain itu, terdapat pengaruh secara parsial dan signifikan motivasi belanja hedonis terhadap pembelian impulsif. Hasil uji secara simultan terdapat pengaruh penggunaan fitur paylater dan motivasi belanja hedonis terhadap pembelian impulsif pada mahasiswa angkatan 2021 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman. Hal ini dibuktikan dengan fitur paylater yang memberikan kemudahan dalam pembayaran tanpa pembayaran secara langsung. Sementara, motivasi belanja hedonis yang mencari kesenangan instan, juga mendorong terjadinya pembelian impulsif.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH PENGGUNAAN FITUR PAYLATER DAN MOTIVASI BELANJA HEDONIS TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA MARKET PLACE (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis) Universitas Mulawarman) |
---|---|
Pengarang | Andi Nurjannah A.M - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI AND p 2024 |
Subyek | Fitur Paylater Motivasi Belanja Hedonis Pembelian Impulsif. |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Ekonomi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY