VALIDITAS BAHAN AJAR BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI HAKIKAT SAINS DAN PENGUKURAN DALAM MATA PELAJARAN IPA DI SMP/MTS
Pengembangan bahan ajar berbasis keterampilan proses sains pada topik hakikat sains dan pengukuran dalam mata pelajaran IPA di SMP/MTs bertujuan untuk memenuhi kebutuhan bahan ajar IPA yang sesuai dengan capaian pembelajaran IPA pada kurikulum merdeka. Hasil akhir pada penelitian ini yaitu menghasilkan bahan ajar yang valid dan mendeskripsikan respon peserta didik terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang menggunakan desain penelitian pada model ADDIE yang sampai pada tiga tahap yang meliputi Analyze, Design dan Development. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 20 peserta didik kelas VII B di MTs Muhammadiyah 1 Samarinda. Waktu pelaksanaan penelitian pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Instrumen yang digunakan untuk mengukur validitas serta respon siswa yaitu lembar angket. Berdasarkan hasil uji validitas yang dilakukan oleh validator memperoleh tingkat validitas bahan ajar mencapai 87,75% dengan kategori valid. Hasil analisis respon peserta didik dinyatakan positif dengan rata-rata skor 87,6%.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | VALIDITAS BAHAN AJAR BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI HAKIKAT SAINS DAN PENGUKURAN DALAM MATA PELAJARAN IPA DI SMP/MTS |
---|---|
Pengarang | Fatmawati - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI FAT v 2024 |
Subyek | Validitas Keterampilan Proses Sains pengukuran Hakikat Sains |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Fisika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY