ANALISIS KETERAMPILAN ARGUMENTASI DAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS VIII SMP NEGERI 37 SAMARINDA PADA TAHUN AJARAN 2023/2024
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana keterampilan argumentasi dan berpikir kritis siswa dan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara keterampilan argumentasi dan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem kelas VIII SMP Negeri 37 Samarinda tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Samarinda tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 4 kelas sebanyak 277 siswa dan sampel yang terpilih sebanyak 45 siswa yang dipilih secara acak. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen soal untuk mengukur keterampilan argumentasi dan angket untuk mengukur keterampilan berpikir kritis. Selanjutnya data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik non parametris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan argumentasi siswa masih berada pada level 1-3 dengan rata-rata persentase sebesar 47,56% yang termasuk dalam kategori cukup, sedangkan keterampilan berpikir kritis siswa memiliki rata-rata 71,5% yang termasuk dalam kategori tinggi. Adapun nilai signifikansi korelasi antara keterampilan argumentasi dan berpikir kritis yaitu sebesar 0,788 yang artinya tidak terdapat hubungan pada kedua variabel tersebut.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | ANALISIS KETERAMPILAN ARGUMENTASI DAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS VIII SMP NEGERI 37 SAMARINDA PADA TAHUN AJARAN 2023/2024 |
---|---|
Pengarang | Aji Intan Nispu Wulandari - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI AJI a 2024 |
Subyek | Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Keterampilan Argumentasi |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Biologi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY