Detail Cantuman Kembali
PITRIANUR ASARI - Personal Name

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERIAN BONUS KARYAWAN PADA TOKO SAMARINDA COMPUTER MENGGUNAKAN METODE MULTI ATTRIBUTE UTILITY THEORY (MAUT)

Sistem pendukung keputusan (SPK) telah menjadi alat bantu yang sangat penting dalam proses pengambilan keputusan di berbagai bidang. Dalam hal pengelolaan sumber daya manusia, pemberian bonus kepada karyawan menjadi salah satu aspek penting dalam memotivasi kinerja dan menjaga kepuasan karyawan. Toko Samarinda Computer merupakan salah satu bidang usaha yang menghadapi tantangan dalam menentukan karyawan yang berhak mendapat bonus. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem pendukung keputusan menggunakan metode Multi Attribute Utility Theory (MAUT) untuk membantu pemilik Samarinda Computer untuk meningkatkan efektivitas dalam pengambilan keputusan untuk menentukan karyawan yang diprioritaskan untuk mendapatkan bonus. Metode MAUT merupakan pendekatan dalam pengambilan keputusan yang memungkinkan evaluasi berbagai kriteria serta preferensi subjektif. Adapun kriteria yang digunakan dalam SPK ini adalah sikap karyawan, kehadiran, kualitas kinerja karyawan, dan penampilan. Berdasarkan kriteria tersebut dilakukan perhitungan dengan menggunakan 15 data alternatif dan hasil yang diperoleh adalah alternatif A4 menempati peringkat tertinggi dengan nilai preferensi yaitu 1 sebagai karyawan yang diprioritaskan untuk mendapat bonus, disusul A2 dengan nilai preferensi sebesar 0.9 di peringkat kedua, dan A3 dengan nilai preferensi sebesar 0.9 di peringkat ketiga. Hasil pengujian terhadap 15 data alternatif menunjukkan bahwa seluruh data sesuai, sehingga didapat akurasi sebesar 100% dari implementasi metode MAUT pada sistem dan Excel, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini dapat memberikan impak yang signifikan terhadap pengambilan keputusan yang lebih akurat dan efisien mengenai pemberian bonus karyawan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERIAN BONUS KARYAWAN PADA TOKO SAMARINDA COMPUTER MENGGUNAKAN METODE MULTI ATTRIBUTE UTILITY THEORY (MAUT)
Pengarang PITRIANUR ASARI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI PIT s 2024
Subyek Sistem Pendukung Keputusan
Bonus Karyawan
Multi Attribute Utility Theory (MAUT)
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan INFORMATIKA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua