Detail Cantuman Kembali

STRATEGI PEMASARAN PRODUK JAHE MERAH INSTAN PADA USAHA JA’M DI KELURAHAN LEMPAKE KECAMATAN SAMARINDA UTARA

Jahe merah merupakan salah satu tanaman yang sangat populer digunakan sebagai bahan baku tradisional karena memiliki kandungan minyak atsiri, zat gingeral, dan dapat memberikan rasa pedas lebih tinggi dibandingkan dengan jenis jahe lainnya. Jahe merah tidak hanya diolah sebagai rempah pelengkap masakan, tetapi juga dapat diolah menjadi beberapa olahan makanan dan minuman instan, obat herbal, maupun kosmetik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor internal yang ada pada usaha Ja’M, faktor eksternal yang dialami oleh usaha Ja’M, dan strategi pemasaran yang dapat di terapkan untuk pemasaran produk jahe merah instan pada usaha Ja’M. Penelitian ini dilaksanakan di Usaha Ja’M Kelurahan Lempake, Kecamatan Samarinda Utara pada Bulan Oktober hingga Desember 2023. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan responden yaitu pemilik dan pekerja di usaha Ja’M serta 6 orang konsumen tetap usaha Ja’M. Metode analisis data menggunakan analisis SWOT dengan mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan hasil perhitungan Internal Factors Analysis Summary (IFAS) memiliki total skor 3,028 dan External Factors Analysis Summary (EFAS) memiliki total skor 3,070, di mana faktor internal kekuatan utama adalah tersertifikasi halal oleh MUI dan faktor eksternal peluang utama adalah adanya dukungan dari instansi. Pada hasil analisis kuadran SWOT, usaha Ja’M berada pada kuadran I yaitu mendukung strategi agresif (strategi S-O), di mana posisi ini menandakan bahwa usaha Ja’M berada di posisi yang menguntungkan karena memiliki kekuatan dan peluang. Strategi yang dapat diterapkan oleh usaha Ja’M yaitu dapat mempertahankan khasiat produk dan sertifikat halal oleh MUI untuk meningkatkan peluang pangsa pasar yang lebih tinggi, menjaga mutu produk dengan pengemasan yang sangat baik dan aman untuk mempertahankan kepercayaan pelanggan, dan ketersediaan pemasok bahan baku yang tetap dapat menjangkau permintaan pasar yang meningkat sampai keluar kota.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STRATEGI PEMASARAN PRODUK JAHE MERAH INSTAN PADA USAHA JA’M DI KELURAHAN LEMPAKE KECAMATAN SAMARINDA UTARA
Pengarang CHATARINA LIDWIN SAMMANE' - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI CHA s 2024
Subyek Jahe Merah, Strategi Pemasaran, Usaha Ja'M
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Jurusan Agribisnis
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua