STRATEGI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 4 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2023/2024
Etsa Ratna Sari, 2024. Strategi Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Keakifan Belajar Siswa di SMP Negeri 4 Samarinda Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. H. Dwi Nugroho Hidayanto, M.Pd., selaku dosen pembimbing I dan Yasintha Sari Pratiwi, S.Psi., M.Psi., Psikolog, selaku dosen pembimbing II.
Pelayanan bimbingan konseling di sekolah berbeda dengan guru bidang studi yang diwajibkan masuk kelas untuk mengajarkan keilmuan kepada peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang digunakan pelayanan yang diberikan Guru Bimbingan Konseling kepada semua siswa yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan hasil yang dicapai dalam proses belajar mengajar di sekolah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan mengambil sampel paritisipan penelitian dengan teknik bola salju dari orang ke orang. Prosedur penelitian juga mengharuskan dilakukannya oberservasi dan penelusuran dokumen selain wawancara demi mendapatkan keakuratan data yang diharapkan dan terpenuhinya triangulasi data. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa perencanaan pemberian pelayanan bimbingan dan konseling dimulai dari need assesment yang hasil angketnya ditabulasi untuk mengidentifikasi jenis-jenis pelayanan yang dibutuhkan oleh peserta didik di sekolah. Dalam pelaksanaan pelayanan, guru Bimbingan Konseling dihadapkan pada persoalan kasus-kasus prilaku yang menghambat kegiatan akademis yang harus diselesaikan agar tidak terulang. Pengarsipan kasus-kasus ang dialami diarsipkan dalam log book untuk memudahkan penelusuran dan pencegahan berulangnya kasus serupa dan acuan dalam berkoordinasi dengan orang tua siswa yang bermasalah dalam memberikan pendidikan di rumah. Terungkap bahwa langkah persuasif dan non-represif selalu diterapkan oleh Guru Bimbingan Konseling dalam setiap pelayanan yang diberikan kepada semua siswa yang bermasalah di sekolah.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | STRATEGI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 4 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2023/2024 |
---|---|
Pengarang | Etsa Ratna Sari - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ETS s 2024 |
Subyek | strategi guru bimbingan dan konseling - t Keaktifan Belajar Penangan Kasus |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Bimbingan dan Konseling |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY