Detail Cantuman Kembali
YULIANTI - Personal Name

PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF GAMSUYA (GAME KEBERAGAMAN SUKU DAN BUDAYA DI INDONESIA) BERBASIS WORDWALL DAN CANVA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 004 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024

Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi di era society 5.0 yang memberikan kemudahan dalam pemilihan media, namun faktanya perkembangan teknologi belum dimanfaatkan dengan baik, ditambah dengan masa peralihan covid 19 yang masih terasa saat ini. Untuk itu teknologi seperti ini dapat digunakan sebagai solusi pada kegiatan belajar dengan memanfaatkan permainan namun tidak menghilangkan tujuan dari belajar tersebut. Permainan dalam kegiatan belajar ini menciptakan interaksi aktif dan menghindari kebosanan sehingga siswa mampu mengikuti pembelajaran dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangkan media, kelayakan media, dan keefektifan dari media interaktif GAMSUYA (Game Keberagaman Suku dan Budaya di Indonesia) untuk mata pelajaran IPAS materi keberagaman suku dan budaya di Indonesia di sekolah dasar. Pengembangan media interaktif GAMSUYA (Game Keberagaman Suku dan Budaya di Indonesia) ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research & Development yang menghasilkan sebuah media interaktif berbasis game pada aplikasi wordwall dan canva. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4D yang meliputi 4 langkah pengembangan yaitu: 1) define yaitu pendefinisian; 2) design yaitu perancangan; 3) development yaitu pengembangan dan 4) dissemination yaitu penyebarluasan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini berupa produk media interaktif berbasis game yang dapat digunakan peserta didik pada materi keberagaman suku dan budaya di Indonesia yang dapat dilihat dan digunakan secara langsung melalui gawai pengguna. Media ini telah diuji kelayakannya oleh beberapa ahli. Penilaian kelayakan dari ahli materi diperoleh nilai 93% kategori sangat layak, kemudian dari penilaian kelayakan ahli media diperoleh nilai 89% kategori sangat layak. Kemudian media ini telah diuji keefektifan dari uji coba skala kecil dan skala besar pada siswa serta respon guru. Penilaian keefektifan siswa pada uji coba skala kecil diperoleh nilai 96% kategori sangat efektif, kemudian penilaian keefektifan siswa pada uji coba skala besar diperoleh nilai 90% kategori sangat efektif dan penilaian dari respon guru diperoleh nilai 89% kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil uji kelayakan dan keefektifan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media interaktif GAMSUYA berbasis wordwall dan canva ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran materi keberagaman suku dan budaya di Indonesia di kelas IV SDN 004 Samarinda Ulu.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF GAMSUYA (GAME KEBERAGAMAN SUKU DAN BUDAYA DI INDONESIA) BERBASIS WORDWALL DAN CANVA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 004 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024
Pengarang YULIANTI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI YUL p 2024
Subyek Media Interaktif
Pengembangan,
Canva
wordwall
Mata Pelajaran IPAS
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua