PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TENGGARONG SEBERANG
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dan pembelajaran konvensional pada pokok bahasan materi interaksi antar negara Asia dan negara lainnya siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tenggarong Seberang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Tenggarong Seberang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan kelas VIII-G sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran CIRC dan kelas VIII-F sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran (X) dan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa (Y). Data yang dianalisis adalah hasil belajar siswa pada pokok bahasan materi interaksi antar negara Asia dan negara lainnya yang dikumpulkan melalui instrument yaitu tes pilihan ganda 20 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic deskriptif melalui uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa uji persyaratan analisis data kedua kelas sampel dinyatakan berdistribusi normal dan homogen. Hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran CIRC lebih tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 79 dibanding hasil belajar siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvesional dengan nilai rata-rata sebesar 71. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikan a=0,05, diperoleh nilai sig (0,001) < 0,05 yang berarti dalam penelitian ini Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran CIRC dengan pembelajaran konvensional pada pokok bahasan materi interaksi antar negara Asia dan negara lainnya di kelas VIII SMP Negeri 2 Tenggarong Seberang.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TENGGARONG SEBERANG |
---|---|
Pengarang | Arnita Herlina - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ARN p 2024 |
Subyek | Hasil Belajar Cooperative Integrated Reading and Composition, |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | ilmu pengetahuan sosial |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY