PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS GENIALLY UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA MATERI IPA ENERGI KELAS IV SDN 004 SAMARINDA ULU
Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya literasi sains siswa berdasarkan hasil survei yang dilakukan Programme for International Student Assessment (PISA) pada tahun 2022. Peningkatan literasi sains dapat dilakukan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Salah satunya dengan memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran pada penggunaan media pembelajaran interaktif dalam bentuk game edukasi. Salah satu media yang dapat digunakan untuk membuat game edukasi adalah Genially. Pengembangan game edukasi berbasis Genially ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research & Development yang menghasilkan sebuah game edukasi yang dapat diakses tanpa menggunakan aplikasi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, yakni 1) Analysis (analisis), 2) Design (perancangan), 3) Development (pengembangan), 4) Implementation (Implementasi) dan 5) Evaluation (Evaluasi). Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, wawancara, kuesioner, dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, lembar wawancara, lembar soal tes literasi sains dan lembar kuesioner (lembar kuesioner ahli materi, lembar kuesioner ahli media, lembar respon peserta didik dan lembar respon pendidik).
Hasil penelitian ini yaitu game edukasi berbasis Genially berbentuk link yang dapat digunakan tanpa menggunakan aplikasi. Game edukasi ini telah diuji kelayakannya oleh beberapa ahli dan respon dari subjek penelitian. Penilaian kelayakan dari ahli materi memperoleh nilai 90% dengan kategori sangat layak, dan penilaian kelayakan dari ahli media memperoleh nilai 88% dengan kategori sangat layak. Penilaian kelayakan dilakukan melalui uji coba skala kecil dan skala besar. Penilaian kelayakan siswa pada uji coba skala kecil diperoleh nilai 96% kategori sangat layak, kemudian penilaian kelayakan siswa pada uji coba skala besar diperoleh nilai 94% kategori sangat layak dan penilaian kelayakan dari respon guru diperoleh nilai 98% kategori sangat layak. Hasil uji n-gain diperoleh nilai 0,573 dengan kategori sedang. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan Game Edukasi berbasis Genially ini layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS GENIALLY UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA MATERI IPA ENERGI KELAS IV SDN 004 SAMARINDA ULU |
---|---|
Pengarang | NUR ANNISAA SEPTIANI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI NUR p 2024 |
Subyek | Literasi Sains game edukasi Pengembangan Genially |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY