Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Media Question Card Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Materi Gotong Royong Kelas IV SDN OO7 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2023/2024
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 007 Samarinda Ulu khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Hal ini disebabkan oleh penggunaan model dalam kegiatan pembelajaran yang belum berorientasi agar dapat siswa lebih aktif dalam proses belajar. Salah satu model yang dapat digunakan utuk meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar adalah model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament dengan berbasis media Question Card. Sehingga, tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Model Pembelaajran Kooperatif Tipe Teams games Tournament (TGT) Berbasis Media Question Card Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Materi Gotong Royong Kelas Kelas IV SDN 007 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2023/2024. Jenis penelitian kuantitatif yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV A dan IV C SD Negeri 007 Samarinda Ulu. Pada penelitian ini terdapat kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan jumlah sampel seluruhnya sebanyak 50 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari tes, dan dokumentasi. Sehingga, instrumen penelitiannya terdiri dari lembar pretest dan posttest, serta pedoman dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney karena hasil penelitian yang didapatkan tidak berdistribusi normal dan bersifat homogen. Hasil penelitian dari pengujian hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney, menunjukkan bahwa nilai Asymp.Sig. (2 tailed) kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah sampel sebanyak 50 sebesar 0,000. Berdasarkan dasar pengambilan keputusan uji Mann-Whitney, jika nilai Asymp.Sig. (2-tailed) ≤ 0,05 maka H
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Media Question Card Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Materi Gotong Royong Kelas IV SDN OO7 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2023/2024 |
---|---|
Pengarang | Amanda Deliya Putri - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI AMA p 2024 |
Subyek | Model Teams Games Tournament Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Gotong Royong. |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY