PENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR TEMA 3 KEWAJIBAN DAN HAKKU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS II SDN 011 SAMARINDA KOTA TAHUN PEMBELARAN 2022/2023
Penelitian ini dilatar belakangi kurang/rendahnya hasil belajar siswa-siswi kelas II selama ini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar tema 3 kewajiban dan hakku siswa kelas II SDN 011 Samarinda Kota dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Data diperoleh melalui observasi selama proses pembelajaran berlangsung, pemberian tugas dan tes hasil belajar yang diberikan setiap akhir siklus.
Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar dan persentase ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II dan dari siklus II ke siklus III. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas pada tema III sebesar 70,12 dengan ketuntasan belajar 57. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas pada tema III sebesar 77,69 dengan ketuntasan belajar 71,4%. Pada siklus III diperoleh nilai rata-rata kelas pada tema III sebesar 86.36 dengan ketuntasan belajar 88,57% Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Sosiologi siswa kelas II SDN 011 Samarinda Kota.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR TEMA 3 KEWAJIBAN DAN HAKKU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS II SDN 011 SAMARINDA KOTA TAHUN PEMBELARAN 2022/2023 |
---|---|
Pengarang | Anggun Nur Annisa - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ANG p 2024 |
Subyek | Hasil Belajar Pembelajaran Problem Based Learning |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | I PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY