Detail Cantuman Kembali
Galuh Rahma Nurwidiya - Personal Name

PENGARUH GENDER, SUKU, KEBIASAAN BELAJAR, DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA SMA NEGERI DI KOTA SAMARINDA

Galuh Rahma Nurwidiya, 2024 Pengaruh Gender, Suku, Kebiasaan Belajar, dan Kemampuan Berpikir Logis terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa SMA Negeri di Kota Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Iya’ Setyasih, M.Pd. selaku Pembimbing I dan Bapak Yulian Widya S, M.Pd. selaku Pembimbing II Keberhasilan belajar siswa dipengaruhi oleh faktor internal yang berasal dari dalam diri siswa seperti kemampuan berpikir logis dan faktor eksternal yang berasal dari luar atau lingkungan sekitar seperti gender, suku, dan kebiasaan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh gender terhadap hasil belajar geografi siswa SMA Negeri di Kota Samarinda, (2) mengetahui pengaruh suku terhadap hasil belajar geografi siswa SMA Negeri di Kota Samarinda, (3) mengetahui pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar geografi siswa SMA Negeri di Kota Samarinda, (4) mengetahui pengaruh kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar geografi siswa SMA Negeri di Kota Samarinda, (5) mengetahui secara bersama-sama gender, suku, kebiasaan belajar, kemampuan berpikir logis mempengaruhi hasil belajar geografi siswa SMA Negeri di Kota Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian siswa kelas X dan XI IPS SMAN di Kota Samarinda yang secara keseluruhan berjumlah 2.165, teknik pengambilan sampel purposive sampling, jumlah sampling 217 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan angket/kuesioner, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji realibilitas, uji prasyarat analisis, uji hipotesis, uji t, uji r, dan uji f. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh gender terhadap hasil belajar geografi dengan siswa perempuan yang lebih unggul dibandingkan laki-laki, (2) terdapat pengaruh suku terhadap hasil belajar dengan siswa berlatar belakang suku Jawa lebih unggul, (3) terdapat pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar geografi dengan kebiasaan belajar dalam kategori baik, (4) terdapat pengaruh kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar geografi dengan kemampuan berpikir logis dalam kategori transisi, (5) secara bersama-sama terdapat pengaruh gender, suku, kebiasaan belajar, dan kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar geografi sesuai dengan hasil uji F nilai Fhitung 14.612 nilai signifikasi 0,000. Diharapkan dapat memberikan semangat dan motivasi agar siswa dapat lebih baik lagi dalam proses pembelajaran.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH GENDER, SUKU, KEBIASAAN BELAJAR, DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA SMA NEGERI DI KOTA SAMARINDA
Pengarang Galuh Rahma Nurwidiya - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI GAL p 2024
Subyek kebiasaan belajar
Gender
SUKU
Kemampuan Berpikir Logis
Hasil Belajar
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Geografi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua