Detail Cantuman Kembali
Tiara Apriyanti - Personal Name

Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Berbasis Android Pada Pembelajaran IPS Materi Globalisasi Kelas VI B SDN 007 Samarinda Ilir Tahun Pembelajaran 2023/2024

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman perserta didik terhadap pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas 6 SD. Pada pendidikan IPS di SD harus menyesuaikan dengan perkembangan kemampuan intelektual atau kognitif pada tingkatan konkret. Bahan materi IPS berisi dengan konsep manusia, lingkungan, waktu, keberagaman, sosial, ekonomi, dan budaya. Hal ini disebabkan media yang digunakan di sekolah hanyalah buku pelajaran yang berisikan teks gambar, teks teori dan metode yang digunakan oleh guru berupa metode ceramah. Tujuan penelitian ini yaitu; (1) mengetahui pengembangan media pembelajaran, (2) mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran dan (3) mengetahui keefektifan pengembangan media pembelajaran. Jenis Penelitian ini adalah penelitian Research and Development (RnD). Adapun model penelitian yang digunakan adalah ADDIE. Penelitian tersebut terdiri dari 5 prosedur pengembangan yaitu analyze, design, develop, implement dan evaluate. Adapun subjek penelitian yaitu 25 siswa kelas 6 B SDN 007 Samarinda Ilir. Teknik pengumpulan data pada penelitian tersebut menggunakan observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kuantitatif dengan analisis data angket ahli media, angket data respon guru, dan angket data respon peserta didik. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Uji kelayakan oleh ahli materi mendapat nilai persentase 92% dengan kategori “Layak diuji cobakan tanpa revisi” dan Uji kelayakan oleh ahli media mendapat nilai persentase 89% dengan kategori “Layak diuji cobakan tanpa revisi”. (2) Hasil penilaian media oleh 25 peserta didik adalah 91,92% dan termasuk kategori “Sangat Efektif”,hasil penilaian respon guru memperoleh hasil akhir 90% dan termasuk kategori “Sangat Efektif” untuk digunakan dalam pembelajaran. Dengan melihat hasil uji kelayakan oleh ahli yang mendapatkan kategori “Layak diuji coba tanpa revisi” dan uji keefektifan oleh respon guru dan peserta didik mendapatkan kategori “Sangat Efektif” maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Augmented Reality berbasis Android “Sangat Layak” dan “Sangat Efektif” digunakan dalam pembelajaran IPS materi globalisasi kelas 6 B SDN 007 Samarinda Ilir.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Berbasis Android Pada Pembelajaran IPS Materi Globalisasi Kelas VI B SDN 007 Samarinda Ilir Tahun Pembelajaran 2023/2024
Pengarang Tiara Apriyanti - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI TIA p 2024
Subyek Augmented Reality
Media Pembelajaran
Berbasis Android
Pembelajaran IPS
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua