EVEKTIVITAS RANCANGAN DAN IMPLEMENTASI MODUL AJAR PADA PEMBELAJARAN PKN KELAS IX SMP NEGERI 1 SAMARINDA
Dessy Kartika Sari, 2024 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Efektivitas Rancangan Dan Implementasi Modul Ajar Pada Pembelajaran PKn Kelas IX Di SMP Negeri 1 Samarinda. Di bawah bimbingan Bapak Prof. Dr. A. Hardoko., M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Dra. Hj. Marwiah., M.Pd selaku pembimbing II.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana efektivitas dan implemenasi rancangan modul ajar guru pada pembelajaran PKn. Kemudia Guru mata pelajaran PKn merancang modul ajar sebelum melaksanakan pembelajaran dan mengimplementasian pada pembelajaran PKn di dalam kelas. Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Samarinda pada bulan Januari 2024-Maret 2024. Subjek penelitian ini ialah guru mata pelajaran PKn dan Siswa kelas IX dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menyimpulkan data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efektifitas Rancangan dan Implementasi Modul Ajar Pada Pembelaran PKn Kelas IX Di SMP Negeri 1 Samarinda mendapatkan hasil rancangan modul ajar guru yang merupakan dokumen berisi tujuan, langkah, media dan asesmen yang dibutuhkan dalam pelaksanaan pembelajaran PKn dikelas. Selain itu, dalam efektivitas rancangan dan implementasi modul ajar pada pembelajaran PKn bahwa guru harus membuat rancangan modul ajar sebelum mengajar didalam kelas dengan mendesain secara menarik dan kreatif untuk mencapai tujuan pelaksanaan pembelajaran. Guru juga harus mampu membimbing siswa dan memberikan pengajaran sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang dibuat oleh guru dan merefleksi diri untuk mencapai tujuan. Serta guru harus mampu memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran saat pelaksaan pembelajaran dikelas. Pelaksanaan pembelajaran yang membimbing, menuntun, mengarahkan dalam mencapai tujuan pembelajaran pada peserta didik. Sehingga hasil rancangan modul ajar yang dibuat oleh guru dalam mencapai tujuan dan pembelajaran yang menarik dapat meningkatkan pemahaman dan keaktifan pendidik dalam pembelajaran serta membimbing guru dalam merancang modul ajar pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai pada proses pembelajaran dikelas.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | EVEKTIVITAS RANCANGAN DAN IMPLEMENTASI MODUL AJAR PADA PEMBELAJARAN PKN KELAS IX SMP NEGERI 1 SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | Dessy Kartika Sari - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI DES p 2024 |
Subyek | Implementasi Rancangan Modul Ajar Pembelajaran PKn |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | pendidikan pancasila dan kewarganegaraan |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY