Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Memotivasi Belajar dan Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik di SMK Negeri 1 Balikpapan Tahun Ajaran 2020/2021
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan peran guru bimbingan dan konseling dengan prestasi belajar dan motivasi belajar peserta didik kelas XI di SMK Negeri 1 Balikpapan Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI di SMK Negeri 1 Balikpapan Tahun Ajaran 2020/2021 yang berjumlah 100 siswa dengan sampel sebanyak 80 siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket (kuesioner) peran guru bimbingan dan konseling, motivasi belajar dan prestasi belajar. Uji validitas instrumen dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment, sedangkan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpa Cronbach (α) dengan bantuan program SPSS 22.0 for windows yang menunjukkan nilai pada variabel X (peran guru bimbingan dan konseling) sebesar 0,862 dan pada variabel Y1 (motivasi belajar) sebesar 0,945 yang artinya kedua variabel bersifat reliabilitas dalam klasifikasi sangat tinggi. Hasil uji
prasyarat penelitian ini pada uji normalitas sebesar 0,200, kemudian pada uji linearitas sebesar 0,223, dan uji homogenitas sebesar 0,000. Teknik analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu teknik korelasi yang digunakan untuk melihat hubungan antara ketiga variabel. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rhitung (0,299) > dari rtabel (0,220) yang
artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara ketiga variabel yang dalam penelitian ini variabel X peran guru bimbingan dan konseling dan variabel Y1 motivasi belajar dengan nilai Pearson Correlation Sig. sebesar 0,297, sedangkan variabel peran guru bimbingan dan konseling X dengan Y2 Prestasi Belajar dengan nilai Pearson Correlation Sig sebesar 0,299.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Memotivasi Belajar dan Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik di SMK Negeri 1 Balikpapan Tahun Ajaran 2020/2021 |
---|---|
Pengarang | Siska Nurjanah - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI SIS p 2024 |
Subyek | motivasi belajar Prestasi Belajar Peran guru bimbingan dan konseling |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Ilmu Pendidikan |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY