Detail Cantuman Kembali
Aulia Rachma - Personal Name

PENGEMBANGAN KEBANTAR (KELILING BANGUN DATAR) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KODULAR CREATOR DI KELAS V SDN 007 SUNGAI KUNJANG

Penelitian ini dilatarbelakangi pesatnya kemajuan teknologi dan diikuti dengan permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran matematika. Dalam pembelajaran matematika siswa kesulitan dalam menghafal rumus dan mengaplikasikan ke dalam soal. Oleh karena itu, penulis mengembangkan media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi. Media pembelajaran ini menggunakan aplikasi yang dapat diakses menggunakan gawai. Media pembelajaran ini dapat menampilkan materi, soal, dengan keunggulan kepraktisan dalam pengaksesan. Materi yang dibahas dalam media ini adalah materi keliling bangun datar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kevalidan, dan kepraktisan media Kebantar (Keliling Bangun Datar) berbasis kodular creator di sekolah dasar. Pengembangan media Kebantar (Keliling Bangun Datar) menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research & Development yang menghasilkan media pembelajaran matematika berbasis aplikasi menggunakan kodular creator. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara, dan angket. Penelitian ini menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran berbasis aplikasi. Aplikasi tersebut dapat diunduh pada gawai masing-masing siswa. Media ini telah teruji kevalidannya oleh para ahli dan kepraktisannya oleh siswa beserta guru. Hasil yang diperoleh dari uji kevalidan penelitian ini yaitu 91,25% dari ahli media dengan kategori sangat valid, 84% dari ahli materi dengan kategori sangat valid, dan 91,66% dari ahli bahasa dan 92,72% dari validasi angket oleh ahli bahasa dengan kategori sangat valid. Hasil yang diperoleh dari uji kepraktisan penelitian ini yaitu 94,54% dari guru dengan kategori sangat praktis, dan 94,3% dari siswa dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil uji kevalidan dan kepraktisan, dapat disimpulkan bahwa media Kebantar (Keliling Bangun Datar) ini valid dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran matematika di kelas V SDN 007 Sungai Kunjang. Sebagai data pendukung keefektifan media pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan hasil pre-test dan post-test memperoleh skor rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,6 dengan kategori sedang.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGEMBANGAN KEBANTAR (KELILING BANGUN DATAR) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KODULAR CREATOR DI KELAS V SDN 007 SUNGAI KUNJANG
Pengarang Aulia Rachma - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI AUL p 2024
Subyek Pengembangan
Media Pembelajaran Matematika
Kebantar (Keliling Bangun Datar)
Kodular Creator
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua