Perbandingan Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka Belajar pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 2 Samarinda
Agung Hadi Winata, 2024. Perbandingan Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka Belajar pada Mata Pelajaran biologi di SMA Negeri 2 Samarinda. Skripsi Program Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. Makrina Tindangen, M.Pd selaku dosen pembimbing I dan. Dr. Hj. Herliani, M.Pd selaku dosen pembimbing II
Latar belakang penelitian ini adalah perubahan dari kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka belajar yang disebabkan karena adanya peristiwa pandemi COVID-19 sehingga menyebabkan diubahnya kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan impelementasi antara kurikulum merdeka belajar dan kurikulum 2013 pada mata pelajaran biologi, bagaimana implementasi kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran biologi, dan Untuk mengetahui Apakah kurikulum merdeka belajar lebih baik daripada kurikulum 2013 pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 2 Samarinda. Jenis Penelitian menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Pengambilan sampel menggunakan metode Probability Sampling sampel siswa kelas X dan kelas XI MIPA, metode Not Probalbility Sampling dengan teknik Purposive Sampling untuk guru mata biologi saja. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket. Teknik analisis menggunakan 2 jenis yaitu statistik deskriptif untuk hasil angket guru dan teknik statistik inferensial untuk angket siswa dengan uji Merdeka Sample t Test dengan taraf signifikansi 5%.
Hasil analisis data statistik inferensial menunjukan nilai sig 2 tailed 0,000 < 0,05 yang menunjukan terdapat perbedaan antara implementasi kurikulum merdeka belajar dan kurikulum 2013 pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 2 Samarinda. Hasil analisis data statistk deskriptif untuk angket guru implementasi kurikulum merdeka belajar dan kurikulum 2013 dikategorikan terlaksana sepenuhnya dengan nilai total angket 243 (81%) untuk kurikulum merdeka belajar dan 283 (94,3%) untuk kurikulum 2013. Angket siswa implementasi kurikulum merdeka belajar dan kurikulum 2013 dikategorikan sebagian besar terlaksana dengan nilai total (rata-rata) untuk kurikulum merdeka belajar 14.626 (82,63) dan nilai total (rata-rata) untuk kurikulum 2013 10.638 (79,13). Setelah
dibandingkan nilai total angket implementasi kurikulum merdeka belajar dan kurikulum 2013 memiliki hasil yang berbanding terbalik antara guru dan siswa. Nilai total angket tertutup guru pada implementasi 2013 lebih tinggi dari nilai total angket guru kurikulum merdeka dan pada nilai total angket tertutup siwa implemantsi kurikulum merdeka belajar lebih tinggi dibandingkan nilai total
angket siswa implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran biologi di SMA
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Perbandingan Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka Belajar pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 2 Samarinda |
---|---|
Pengarang | Agung Hadi Winata - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI AGU p 2024 |
Subyek | Perbandingan Kurikulum 2013 Kurikulum Merdeka Belajar Implementasi Kurikulum |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY