PENGEMBANGAN BAHAN BACAAN BERBASIS AUGMENTED REALITY BERBANTUAN ASSEMBLR EDU PADA MATERI PERKEMBANGAN TEORI ATOM
Kurangnya pemahaman peserta didik dalam materi perkembangan teori atom yang dianggap sulit karena bersifat teoritis dan abstrak serta bahan ajar guru yang masih monoton, menjadi alasan utama penelitian ini dilakukan. Hal tersebut mendasari diperlukan bahan bacaan yang mampu memvisualisasikan model atom 3D secara nyata melalui teknologi Augmented Reality (AR). Pembuatan konten AR memanfaatkan aplikasi Assemblr Edu. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan desain dan menguji validitas bahan bacaan berbasis AR berbantuan Assemblr Edu pada materi perkembangan teori atom yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE yang dimodifikasi menjadi ADD. Prosedur penelitian ini hanya dilakukan sampai tiga tahap saja yaitu tahap analysis, tahap design dan tahap development. Tahap analisis dilakukan dengan analisis studi literatur, analisis kebutuhan guru dan peserta didik serta analisis materi. Tahap perancangan dilakukan dengan pemilihan media dan pemilihan format yang akan menghasilkan rancangan awal. Tahap pengembangan dilakukan pembuatan produk berdasarkan rancangan awal dan validasi ahli. Bahan bacaan ini didesain berbentuk booklet yang memuat halaman depan, kata pengantar, informasi umum terkait materi, petunjuk belajar, petunjuk penggunaan AR, peta konsep, materi, Quick Response (QR) code AR, video pembelajaran, model atom 3D, rangkuman, latihan soal, daftar Pustaka, biografi penulis dan halaman belakang. Uji validitas bahan bacaan ini dilakukan oleh ahli media, ahli materi dan praktisi pendidikan. Penilaian hasil validasi bahan bacaan diperoleh ahli media sebesar 100%, ahli materi sebesar 100% dan praktisi pendidikan sebesar 98,10%, dengan kategori sangat valid tanpa revisi.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGEMBANGAN BAHAN BACAAN BERBASIS AUGMENTED REALITY BERBANTUAN ASSEMBLR EDU PADA MATERI PERKEMBANGAN TEORI ATOM |
---|---|
Pengarang | Adinda Putri Kamila - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ADI p 2024 |
Subyek | Augmented Reality Assemblr Edu Validitas Bahan Bacaan Perkembangan Teori Atom |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Kimia |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY