Detail Cantuman Kembali
ANISA NOVITA - Personal Name

PENGARUH PUPUK ORGANIK CAIR KOTORAN KAMBING DAN LIMBAH KULIT NANAS TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN KAILAN (Brassica oleracea L. Alboglabra) (Sebagai Penunjang Praktikum Materi Pertumbuhan dan perkembangan Tumbuhan)

Anisa Novita. 2024. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Mulawarman. Pengaruh Pupuk Organik Cair Kotoran Kambing dengan Limbah Kulit Nanas Terhadap Pertumbuhan Tanaman Kailan (Brassica oleracea L. Alboglabra) (Sebagai Penunjang Praktikum Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan Tumbuhan). Dibawah bimbingan ibu Dr. Evie Palenewen, M.Pd, selaku pembimbing I dan ibu Dr. Vandalita M. Rambitan M.P, selaku pembimbing II. Penelitian ini menggunakan limbah yang saat ini cukup melimpah dengan pengelolaan limbah yang belum dioptimalkan sehingga dapat mengakibatkan pencemaran lingkungan oleh sebab itu penelitian ini menggunakan limbah perternakan yaitu kotoran kambing dengan limbah rumah tangga yaitu kulit nanas sebagai pupuk organik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pupuk organik cair kotoran kambing dengan limbah kulit nanas, serta untuk mengetahui dan mengkaji dosis yang optimal untuk pertumbuhan tanaman kailan. Jenis penelitian ini menggunakan metode rancangan acak kelompok dengan 5 perlakuan yaitu KN0 (kontrol), KN1 (15%), KN2 (30%), KN3 (45%), dan KN4 (60%). Parameter yang digunakan yaitu tinggi tanaman (cm), jumlah daun (helai), dan berat basah (gram) tanaman. Hasil pengamatan Fhitung perlakuan terhadap tinggi tanaman secara berturut-turut sebesar 65,91 (10 HST), 106,42 (20 HST), 205,75 (30 HST) > Ftabel 0,05 (3,12), hasil Fhitung jumlah daun secara berturut-turut sebesar 45,22 (10 HST), 22,48 (20 HST), 40,37 (30 HST) > Ftabel 0,05 (3,12), dan hasil Fhitung berat basah dengan nilai 119,90 > Ftabel 0,05 (3,12). Berdasarkan analisis data terdapat pengaruh pupuk organik cair kotoran kambing dan kulit nanas terhadap pertumbuhan tanaman kailan (Brassica oleracea L. Alboglabra) dengan konsentrasi yang signifikan yaitu 30%.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH PUPUK ORGANIK CAIR KOTORAN KAMBING DAN LIMBAH KULIT NANAS TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN KAILAN (Brassica oleracea L. Alboglabra) (Sebagai Penunjang Praktikum Materi Pertumbuhan dan perkembangan Tumbuhan)
Pengarang ANISA NOVITA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ANI p 2024
Subyek pupuk organik cair, kotoran kambing, kulit nanas,
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN BIOLOGI
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua