Detail Cantuman Kembali
REDNO MASTHUTY - Personal Name

PEMANFAATAN NASI BASI SEBAGAI PUPUK ORGANIK CAIR UNTUK PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TOMAT (Lycopersicum esculentum)

Penelitian ini memanfaatkan nasi basi sebagai pupuk yang mengandung unsur hara mikro dan makro dan juga mengandung bakteri yang berpotensi sebagai perombak bahan organik dalam tanah, perangsang pertumbuhan pada tanaman yang berpengaruh terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman tomat (Lycopersicum esculentum). Tujuan dari penelitian ini adalh untuk mengetahui pengaruhpemberian pupuk cair nasi basi terhadap pertumbuhan tanaman tomat (Lycopersicum esculentum) dan mengetahui konsentrasi yang tepat untuk pertumbuhan tanaman tomat (Lycopersicum esculentum). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) dengan perlakuan 5 dan pengulangan 5. Parameter yang diamati yaitu jumlah daun, tinggi tanaman, jumlah buah,dan berat buah.
Hasil pengamatan menunjukan Fhitung dari masing-masing perlakuan menunjukan terhadap jumlah daun menunjukan 8,46, 4,40, 3,50 > Ftabel0,05 (3,01), hasil perlakuan menunjukan Fhitung dari masing-masing perlakuan tinggi tanaman yaitu 3,57, 8,46, 3,50 > Ftabel 0,05 (3,01), jumlah buah menunjukan Fhitung 7,93 > Ftabel 0,05 (3,01), berat buah menunjukan Fhitung 226,57 >Ftabel 0,05 (3,01) maka dapat disimpulkan bahwa pupuk cair organik nasi basi sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman tomat dan konsentrasi yang sesuai untuk pertumbuhan tanaman tomat (lycopersicum esculentum) yaitu 80%

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PEMANFAATAN NASI BASI SEBAGAI PUPUK ORGANIK CAIR UNTUK PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TOMAT (Lycopersicum esculentum)
Pengarang REDNO MASTHUTY - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI RED p 2024
Subyek Pertumbuhan dan Hasil.
Tanaman Tomat
Pupuk cair,
Nasi basi
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Biologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua