PENGARUH PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) BERBASIS MULTI REPRESENTASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM BASA
Asam basa adalah larutan elektrolit yang dikenal khasnya seperti asam rasanya asam dan basa rasanya pahit. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain nonequivalent control group yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran POGIL berbasis multi representasi terhadap hasil belajar siswa pada materi asam basa. Populasi sekaligus sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanjung Palas Utara 2023/2024 yang berjumlah 46 siswa, dimana kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Data diperoleh dari soal pre-test dan posttest, lembar observasi guru dan siswa, serta lembar respon siswa (angket). Data penelitian berupa data kuantitatif dan dianalisis menggunakan uji t. Hasil Uji t dengan parametrik diperoleh sig. (2-tailed) pada kedua kelas adalah 0.023 < 0.050, Hasil lembar aktivitas kegiatan guru dan siswa pada kelas eksperimen keduanya berkategori sangat baik, serta adanya respon siswa terhadap pembelajaran POGIL berbasis multi representasi yaitu 92% siswa menyatakan setuju terhadap pengaruh POGIL berbasis multi representasi di dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) berbasis multi representasi terhadap hasil belajar siswa pada materi asam basa di kelas XI SMA Negeri 1 Tanjung Palas Utara.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) BERBASIS MULTI REPRESENTASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM BASA |
---|---|
Pengarang | Handoko - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI HAN p 2024 |
Subyek | Hasil Belajar, POGIL berbasis multi representasi Asam Basa |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Kimia |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY