Detail Cantuman Kembali
J.J.Z. HARIADI FADILLAH - Personal Name

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (Studi Kasus: Sablon Dzain Art)

Dzain Art merupakan usaha yang menawarkan jasa di sablon baju dan berlokasi di jalan Pangeran Antasari gang 7, Kelurahan Air Putih, Kecamatan Samarinda Ulu, Samarinda. Perkembangan usaha Dzain Art belum maksimal akibat dari pendapatan yang tergolong kecil. Jumlah konsumen dari jasa sablon baju di Dzain Art sekitar 20 konsumen setiap tahun. Strategi pemasaran yang dilakukan belum maksimal dalam menarik minat pasar untuk menggunakan jasa sablon baju. Strategi pemasaran yang tepat akan mempengaruhi calon konsumen untuk menggunakan jasa sablon baju yang ditawarkan sehingga akan berdampak baik pada perkembangan usaha. Perancangan strategi pemasaran menggunakan metode SWOT untuk merumuskan strategi-strategi yang bisa diterapkan dalam memasarkan sablon baju dan metode AHP (Analytical Hierarchy Process) untuk mengurutkan prioritas strategi pemasaran terbaik bagi Dzain Art. Pada pengolahan metode SWOT diketahui skor Matriks IFE adalah 3,0118 dan skor Matriks EFE adalah 2,6765. Skor pada Matriks IFE menunjukkan Dzain Art memiliki keadaan internal yang baik dan skor pada Matriks EFE menunjukkan Dzain Art mampu merespon keadaan eksternal usaha sablon baju. Posisi Dzain Art berdasarkan Matriks IE berada di Kuadran IV yang menunjukkan usaha sablon baju berada pada kondisi Growth and Build. Pada posisi ini Dzain Art cocok menerapkan strategi intensif dan intgratif. Strategi intensif berupa penetrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produk. Strategi integratif berupa pengendalian terhadap pemasok. Perumusan strategi pemasaran pada Matriks SWOT menghasilkan delapan strategi pemasaran yang bisa dilaksanakan untuk memasarkan sablon baju. Urutan prioritas strategi pemasaran yang dapat diterapkan Dzain Art dalam memasarkan baju menggunakan metode AHP (Analytical Hierarchy Process) adalah meningkatkan dan memperbanyak kerja sama dengan institusi atau komunitas dalam pengadaan baju yang seragam dengan skor 0,1794, menggunakan alat produksi digital printing dengan skor 0,1753, dan meningkatkan promosi melalui media sosial dengan skor 0,1508.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (Studi Kasus: Sablon Dzain Art)
Pengarang J.J.Z. HARIADI FADILLAH - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI JJZ a 2024
Subyek Strategi Pemasaran
MATRIKS IE
Dzain Art
Sablon baju
Matriks IFE
Matriks EFE
Matriks SWOT
AHP (Analytical Hierarchy Process)
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan teknik industri
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua