PERBEDAAN MINAT BELAJAR KIMIA SISWA ANTARA PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICTION, OBSERVATION, AND EXPLANATION) DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa di SMA Negeri 14 Samarinda. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA Negeri 14 Samarinda tahun ajaran 2023/2024. Pengumpulan data menggunakan teknik angket, dan teknik observasi. Data hasil angket yang diperoleh dianalisis dengan menghitung persentase minat belajar siswa, berdasarkan 4 indikator yaitu indikator perasaan senang, perhatian siswa, ketertarikan dan keterlibatan menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan minat belajar kimia siswa antara model pembelajaran POE (Prediction, Observation, and Explanation) dengan model pembelajaran langsung. Data hasil angket minat belajar yang diperoleh menunjukkan bahwa siswa pada kelas eksperimen 1 memiliki minat belajar sebesar 75,2%, lebih tinggi daripada kelas eksperimen 2 yang memiliki minat belajar sebesar 69,3%. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh nilai thitung > ttabel sebesar 2,755 > 1,671. Dengan demikian terdapat perbedaan minat belajar antara model POE dengan model pembelajaran langsung.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PERBEDAAN MINAT BELAJAR KIMIA SISWA ANTARA PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICTION, OBSERVATION, AND EXPLANATION) DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG |
---|---|
Pengarang | MAULINA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MAU p 2024 |
Subyek | Model pembelajaran langsung Minat Belajar Kimia Model POE |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN KIMIA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY