DESAIN (STORYBOARD) VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI HIDROKARBON UNTUK SISWA SMA/SEDERAJAT
Dunia pendidikan memerlukan penyesuaian seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini. Penyesuaian dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi sebagai media pembelajaran di sekolah salah satunya adalah dalam bentuk video pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain (storyboard) video pembelajaran berbasis pendekatatan saintifik pada materi hidrokarbon untuk siswa SMA/sederajat dan untuk menguji validitasnya. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (reseacrh and development) dengan model 3D (Define, Design and Develop). Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan 6 desain (storyboard) video pembelajaran hidrokarbon yang telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media, dengan judul masing-masing yaitu (1) pendahuluan; (2) percobaan uji H dan C; (3) keunikan atom karbon; (4) atom karbon primer, sekunder, tersier dan kuartener; (5) perbedaan sifat senyawa organik dan senyawa anorganik; dan (6) penggolongan atom karbon. Keenam desain (storyboard) video pembelajaran yang dihasilkan sangat valid baik dari aspek materi maupun media. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa desain (storyboard) video pembelajaran materi hidrokarbon yang telah dikembangkan sudah sangat valid serta layak dilanjutkan ke tahap pembuatan video pembelajaran hidrokarbon berbasis pendekatan saintifik.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | DESAIN (STORYBOARD) VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI HIDROKARBON UNTUK SISWA SMA/SEDERAJAT |
---|---|
Pengarang | Lia Wulandari - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI LIA d 2024 |
Subyek | Pendekatan Saintifik Validitas PENGEMBANGAN 3D Storyboard |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN KIMIA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY