KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERDASARKAN LANGKAH POLYA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 21 SAMARINDA
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan menyelesaikan soal matematika materi Bangun Ruang Sisi Datar berdasarkan langkah pemecahan masalah Polya kelas IX SMP Negeri 21 Samarinda tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2023. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IX A dan IX B di SMP Negeri 21 Samarinda tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 61 siswa, sedangkan objek penelitiannya adalah kemampuan siswa menyelesaikan soal matematika materi Bangun Ruang Sisi Datar berdasarkan langkah pemecahan masalah Polya. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis uraian sebanyak 4 butir soal. Uji coba instrumen dilakukan di kelas IX C dan memperoleh hasil indeks kesukaran yaitu 2 butirsoal kategori sedang, 2 butir soal kategori mudah sekali dengan indeks pembeda signifikan dan reliabilitas 0,612. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif, yaitu menentukan persentase banyak siswa berdasarkanaspek pemecahan masalah Polya pada tiap butir soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan siswa menyelesaikan soal matematika berdasarkan langkah pemecahan masalah Polya dalam kategori rendah. Kemampuan pada langkah memahami masalah dan merencanakan penyelesaian dalam kategori tinggi, namun kemampuan pada tahap melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali masih rendah. Hal ini ditunjukkan pada butir soal nomor 1 banyaknya siswa yang dapat memahami masalah adalah sebanyak 61 siswa, merencanakan penyelesaian sebanyak 60 siswa, melaksanakan rencana penyelesaian sebanyak 54 siswa dan memeriksa kembali jawaban sebanyak 53 siswa. Pada butir soal nomor 2 banyaknya siswa yang dapat memahami masalah adalah sebanyak 57 siswa, merencanakan penyelesaian sebanyak 57 siswa, melaksanakan rencana penyelesaian sebanyak 45 siswa dan memeriksa kembali jawaban sebanyak 45 siswa. Pada butir soal nomor 3 banyaknya siswa yang dapat memahami masalah adalah sebanyak 31 siswa, merencanakan penyelesaian sebanyak 30 siswa, melaksanakan rencana penyelesaian sebanyak 5 siswa dan memeriksa kembali jawaban sebanyak 5 siswa. Pada butir soal nomor 4 banyaknya siswa yang dapat memahami masalah adalah sebanyak 36 siswa, melaksanakan rencana penyelesaian sebanyak 23 siswa dan memeriksa kembali jawaban sebanyak 23 siswa.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERDASARKAN LANGKAH POLYA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 21 SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | Ramblan Saputra - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI RAM k 2024 |
Subyek | Kemampuan PEMECAHAN MASALAH Bangun Ruang Sisi Datar Polya |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY