DESAIN VIDEO PEMBELAJARAN ALKANA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK SISWA SMA/SEDERAJAT
Pendidikan di era globalisasi menuntut guru memanfaatkan teknologi sebagai alat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satu pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran adalah video pembelajaran yang dapat membantu siswa memahami materi melalui audio dan visual. Video pembelajaran juga harus menarik minat dan mengasah kemampuan berfikir siswa. Pendekatan saintifik adalah pendekatan pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berfikir siswa. Penelitian ini bertujuan menghasilkan desain video pembelajaran berbasis pendekatan saintifik untuk memfasilitasi pemahaman dan kemampuan berfikir siswa pada materi alkana setara SMA/sederajat. Desain penelitian mengadaptasi model PPE (problem, production, and evaluation) yang terdiri dari identifikasi masalah, deskripsi tujuan, serta desain dan pengembangan. Identifikasi masalah dilakukan dengan menganalisis video pembelajaran pada materi alkana yang beredar sebagai acuan menunjukkan kurangnya penerapan pendekatan saintifik. Pada tahap desain dan pengembangan, dilakukan perancangan storyboard yang kemudian dijadikan acuan pembuatan video menggunakan aplikasi PowerPoint dan Capcut. Video yang dihasilkan terdiri atas 5 video pembelajaran yaitu, rumus umum senyawa alkana, tata nama senyawa alkana, keisomeran senyawa alkana, sifat fisik senyawa alkana, dan sifat kimia senyawa alkana. Setiap video memuat tahap pendekatan saintifik mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan menyimpulkan.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | DESAIN VIDEO PEMBELAJARAN ALKANA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK SISWA SMA/SEDERAJAT |
---|---|
Pengarang | RISMANANDA ISHMAH - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI RIS d 2024 |
Subyek | Pendekatan Saintifik video pembelajaran Alkana |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN KIMIA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY