Detail Cantuman Kembali
WULANDARI - Personal Name

PERAN PENYULUH PERTANIAN DALAM PENINGKATAN PRODUKTIVITAS USAHATANI PADI SAWAH DI DESA REMPANGA KECAMATAN LOA KULU KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

WULANDARI, Peran Penyuluh Pertanian Dalam Peningkatan Produktivitas Usahatani Padi Sawah (Oryza sativa L.) Di Desa Rempanga Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara. Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2023. (dibawah bimbingan Dina Lesmana dan Tetty Wijayanti.
Penyuluhan pertanian adalah proses pembelajaran dari penyuluh kepada petani yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi usaha, pendapatan, dan kesejahteraannya, serta meningkatkan kesadaran dalam pelestarian fungsi lingkungan hidup.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran penyuluh terhadap peningkatan produktivitas usahatani padi sawah (Oryza sativa L.) di Desa Rempanga Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan April-Juni 2023. Data yang diperoleh dalam penelitian meliputi data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah 40 petani sebagai responden. Jenis penelitian ini menggunakan penentuan responden dengan teknik quota sampling yang merupakan teknik pengambilan sampel dengan cara menetapkan jumlah tertentu sebagai target yang harus dipenuhi dalam pengambilan sampel dari populasi. Kriteria penilaian peranan penyuluh pertanian akan diberikan skor yang telah ditentukan. Metode analisis data yang digunakan dalam menyusun data tersebut adalah menggunakan skala likert melalui tabulasi dimana skor responden dijumlahkan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran penyuluh terhadap petani Desa Rempanga mencapai 100% dalam kategori sangat berperan baik sebagai motivator, fasilitator ataupun sebagai edukator. Oleh sebab itu peran penyuluh pertanian sepenuhnya sangat berperan dalam kemajuan dan meningkatkan produksi dan produktivitas usahatani. Peran penyuluh sebagai motivator, fasilitator dan edukator dalam peningkatan produksi dan produktivitas Desa Rempanga menunjukan peran yang sangat besar. Hal itu dapat dilihat dari peran penyuluh yang selalu memberikan motivasi, dapat mengakses sarana dan prasarana pertanian, dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan dalam mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi kelompok dengan tujuan dapat meningkatkan produktivitas dan produksi padi.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERAN PENYULUH PERTANIAN DALAM PENINGKATAN PRODUKTIVITAS USAHATANI PADI SAWAH DI DESA REMPANGA KECAMATAN LOA KULU KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
Pengarang WULANDARI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI WUL p 2024
Subyek PERAN PENYULUH PERTANIAN
Produktivitas Padi Sawah Sebagai Motivator
Fasilitator dan Edukator
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan AGRIBISNIS
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua