Detail Cantuman Kembali
Jonathan Hardy Thomas - Personal Name

PERLINDUNGAN HAK PENCIPTA TERHADAP PEMBAJAKAN LAGU DI PLATFORM MUSIK DIGITAL

Jonathan Hardy Thomas, 2008016134, Program Studi Sarjana Hukum, Konsentrasi Hukum Perdata, Perlindungan Hak Pencipta Terhadap Pembajakan Lagu Di Platform Musik Digital, dibawah bimbingan Bapak Deny Slamet Pribadi, S.H.,M.H., selaku dosen pembimbing utama dan Bapak Setiyo Utomo, S.H.,M.Kn., selaku dosen pembimbing pendamping.
Indonesia sebagai negara hukum yang mempunyai peranan strategis dalam mendukung pembangunan bangsa dan memajukan kesejahteraan umum sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 seharusnya mampu melindungi hak pencipta yang merupakan kekayaan intelektual dibidang ilmu pengetahuan, seni, dan sastra. Namun, pada faktanya di era perkembangan digitalisasi saat ini kasus pembajakan berupa penggandaan terhadap suatu karya cipta berupa lagu kembali marak terjadi. Pembajakan berupa penggandaan tersebut merupakan dampak dari perkembangan era digitalisasi ini karena dilakukan di platform musik digital.
Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan penelitian doktrinal dengan pendekatan peraturan perundang-undangan dan konseptual untuk mengkaji upaya perlindungan hak cipta dibidang kekayaan intelektual berupa lagu terhadap pembajakan berupa penggandaan yang dilakukan di platform musik digital.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa, pertama, pembajakan terhadap lagu yang dilakukan di platform musik digital melanggar prinsip hak moral dan hak ekonomi dari pencipta karena pendistribusian hasil penggandaan tersebut dilakuan di platform musik digital untuk mendapatkan keuntungan pribadi. Kedua, ditemui adanya hambatan dalam perlindungan hak pencipta terhadap pembajakan lagu yang dilakukan di platform musik digital yaitu perkembangan teknologi di era digitalisasi dan perbedaan sistem hukum terhadap platform musik digital dibeberapa negara. Oleh karena itu, diperlukannya kerjasama antara platform musik digital selaku penyedia layanan streaming musik dan pemerintah serta kementrian dalam melakukan pengawasan untuk memperkuat perlindungan hak cipta dibidang kekaayaan intelektual terhadap lagu untuk membatasi dan mengatasi konten pelanggaran hak cipta bidang musik di platform musik digital.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERLINDUNGAN HAK PENCIPTA TERHADAP PEMBAJAKAN LAGU DI PLATFORM MUSIK DIGITAL
Pengarang Jonathan Hardy Thomas - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI JON p 2024
Subyek Lagu
Hak Pencipta,
Pembajakan,
Platform Musik Digital,
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Hukum
Jurusan Hukum
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua