Detail Cantuman Kembali
HENDRA IRAWAN - Personal Name

KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU ( PATEN ) DI KANTOR CAMAT MUARA ANCALONG KAB.KUTAI TIMUR (Studi pada Administrasi Pertanahan )

Hendra Irawan, Magister Administrasi Publik Universitas Mulawarman, 2024, Kualitas Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) Di Kantor Kecamatan Muara Ancalong Kabupaten Kutai Timur (Studi Pada Pelayanan Administrasi Pertanahan), Ketua Komisi Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Aji Ratna Kusuma, M.Si dan Anggota Komisi Pembimbing: Dr. Santi Rande, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis dan menginterpretasikan Kualitas Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) Di Kantor Kecamatan Muara Ancalong Kabupaten Kutai Timur (Studi Pada Pelayanan Administrasi Pertanahan), serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan deskripsi yang mendalam tentang (PATEN Di Kantor Kecamatan Muara Ancalong Kabupaten Kutai Timur terutama terkait Pelayanan Administrasi Pertanahan). Data yang didapatkan dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan model analisis Model analisis data interaktif. Setelah melakukan observasi, wawancara dan turun langsung ke lapangan, penelitian ini menemukan bahwa dari 15 sub- fokus yang dilihat, terdapat 10 sub-fokus yang dinilai baik dan 5 sub-fokus yang dinilai kurang. Karena lebih banyak sub-fokus yang dinilai baik, maka kualitas pelayanan PATEN khususnya pada administrasi pertanahan di Kecamatan Muara Ancalong bisa dikatakan baik. Adapun 5 sub-fokus yang dinilai kurang, antara lain: 1. Sub fokus kualitas bangunan pada fokus tangible; 2. Sub fokus ketercukupan ruangan pada fokus tangible; 3. Sub fokus ketercukupan fasilitas pada fokus tangible; 4. Sub fokus kebersihan bangunan pada fokus tangible; 5 Sub fokus pengetahuan petugas pada fokus assurance. Dari deskripsi tersebut bisa dilihat bahwa faktor penghambat kualitas pelayanan PATEN khsusunya pada administrasi pertanahan ada dua yakni: kondisi dan kualitas bangunan fisik serta fasilitas penujang pelayanan yang kurang serta rendahnya kemampuan pegawai dalam penguasaan aplikasi pertanahan. Meski demikian Pemerintah Kabupaten Kutai Timur telah melakuka berbagai Upaya untuk mengatasi hambatan tersebut, salah satunya adalah dengan membangun Gedung kantor Kecamatan Muara Ancalong yang baru yang tidak jauh dari lokasi saat ini serta mengadakan pelatihan, bimtek dan sejenisnya kepada petugas PATEN.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU ( PATEN ) DI KANTOR CAMAT MUARA ANCALONG KAB.KUTAI TIMUR (Studi pada Administrasi Pertanahan )
Pengarang HENDRA IRAWAN - Personal Name
No. Panggil THESIS HEN k 2024
Subyek Kabupaten Kutai Timur
Kualitas
PATEN
kecamatan muara ancalong
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan Magister Administrasi Publik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua