PENERAPAN AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN METODE MARKELESS SEBAGAI MEDIA INFORMASI PEMBELAJARAN PERLENGKAPAN DAN PERALATAN FUTSAL DI AKADEMI KHATULISTIWA BERBASIS ANDROID
Teknologi Augmented Reality (AR) digunakan dalam pendidikan olahraga seperti futsal, memfasilitasi visualisasi konsep abstrak dan pengenalan anak-anak pada olahraga. Khatulistiwa Futsal Akademi (KFA) di Samarinda berperan penting dalam membina anak-anak pada tahap perkembangan awal, mengajarkan dasar-dasar futsal dan pentingnya peralatan latihan seperti Agility Ladder, Agility Hurdle, Bola, Cone. Penggunaan AR pada smartphone Android menjadi metode menarik untuk memperkenalkan peralatan futsal kepada anak-anak usia 13 tahun, meningkatkan minatdan keterampilan mereka dalam olahraga ini. Tujuan dalam penelitian ini adalah menerapkan teknologi AR dengan metode Markerless berbasis Android untuk memperkuat proses pengenalan peralatan dan perlengkapan futsal di khatulistiwa futsal akademi berbasis 3D. Data yang digunakan pengenalan peralatan dan perlengkapan futsal Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat parameter khusus yang perlu diperhatikan untuk mencapai tampilan optimal dari objek 3D. Intensitas cahaya yang diinginkan sebaiknya berada dalam kisaran 40 hingga 3000 lux agar tidak terlalu gelap atau terlalu terang. Selain itu, jarak ideal antara smartphone dan image target sebaiknya berada antara 30 hingga 80 cm, dan sudut kemiringan kamera yang optimal adalah antara 45 hingga 90 derajat. Aplikasi AR Perlengkapan dan Peralatan Futsal mendapatkan interpretasi skor rata-rata sebesar 87.37% berdasarkan hasil pengujian langsung dengan melibatkan 17 anak-anak usia 13 tahun dari siswa Khatulistiwa Futsal Akademi Samarinda, menunjukkan bahwa aplikasi ini dinilai sangat baik dalam pengenalan peralatan dan perlengkapan futsal.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENERAPAN AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN METODE MARKELESS SEBAGAI MEDIA INFORMASI PEMBELAJARAN PERLENGKAPAN DAN PERALATAN FUTSAL DI AKADEMI KHATULISTIWA BERBASIS ANDROID |
---|---|
Pengarang | HAMDI M - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI HAM p 2024 |
Subyek | Augmented Reality Android markerless FutsaL Akademi Futsal |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Teknik |
Jurusan | Informatika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY