Detail Cantuman Kembali
ARDIYANTO - Personal Name

MANAJEMEN KESISWAAN DALAM PELAKSANAAN PROGRAM KERJA OSIS UNTUK MEMBENTUK KARAKTER BERNALAR KRITIS DI SMA NEGERI 14 SAMARINDA

Ardiyanto, 2024 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, “Manajemen Kesiswaan Dalam Pelaksanaan Program Kerja OSIS Dalam Membentuk Karakter Bernalar Kritis Siswa SMA Negeri 14 Samarinda”. Dibawah bimbingan bapak Dr. Jamil, S.Pd, M.AP selaku pembimbing I dan Ibunda Dra. Hj. Marwiah, M.Pd selaku pembimbing II. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Manejemen kesiswaan dalam peranan OSIS untuk membentuk karakter bernalar kritis siswa SMA Negeri 14 Samarinda, mengetahui hambatan OSIS dalam membentuk karakter bernalar kritis siswa SMA Negeri 14 Samarinda serta untuk mengetahui upaya dalam mengatasi hambatan OSIS dalam membentuk karakter bernalar kritis siswa SMA Negeri 14 Samarinda. Jenis Penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 14 Samarinda pada bulan Februari 2024-Maret 2024. Subjek penelitian ialah Pembina OSIS, Ketua OSIS, dan 3 anggota OSIS dengan menggunakan teknik wawancara, Observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, pengumpulan data dan menyimpulkan data. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Manejemen kesiswaan dalam peranan OSIS untuk membentuk karakter bernalar kritis siswa SMA Negeri 14 Samarinda terbagai menjadi empat bagian yaitu perencanaan, pegorganisasian, pengimplementasian atau pelaksanaan, dan Evaluasi atau pengawasan. Didalam menentukan manejemen perencanaan OSIS memiliki peran yang sangat penting karena manejemen organisasi merupakan seluruh pengelompokan orang, tugas dan tanggung jawab dan wewenang sedemikian rupa. (2) Terkait Faktor penghambat OSIS dalam mengembangkan kemampuan siswa untuk bernalar kritis di SMA Negeri 14 Samarinda yakni efektivitas pembelajar, Motivasi belajar, Sikap belajar, dan Kecerdasan emosional. (3) Solusi dari faktor penghambat yakni dengan lingkungan belajar dan dukungan sosial. Lingkungan belajar dimulai dari guru yang harus mendorong pengurus OSIS dalam lingkungan belajar bernalar kritis seperti organisasi OSIS yang mengajarkan mereka untuk bertanggung jawab dalam melaksanakan kegiatan yang mereka lakukan. Dukungan sosial yaitu pembina OSIS memberikan pengarahan tentang bagaimana cara untuk mengatasi permasalahan yang ada dan cara menyelesaikan permasalahan tersebut.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul MANAJEMEN KESISWAAN DALAM PELAKSANAAN PROGRAM KERJA OSIS UNTUK MEMBENTUK KARAKTER BERNALAR KRITIS DI SMA NEGERI 14 SAMARINDA
Pengarang ARDIYANTO - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ARD m 2024
Subyek Bernalar Kritis
Manejemen,
Kesiswaan,
OSIS,
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua