PRAKTIK PEDAGANG DALAM BERTRANSAKSI MENGGUNAKAN QUICK RESPONSE INDONESIA STANDARD (QRIS)
Safira Nurfaisa Ramadana, Program Studi Pembangunan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman Samarinda, Studi Tentang Praktik Pedagang Dalam Menggunakan Quick Response Indonesia Standard (QRIS), di bawah bimbingan Ibu Dra. Purwaningsih, M, Si, Ph. D. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik pedagang pengguna QRIS di Jl. Pramuka, menjelaskan praktek pedagang dalam penggunaan QRIS, dan menjelaskan informasi awal pedagang pengguna QRIS. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan QRIS pada pedagang yang menyediakan QRIS dapat memudahkan dalam bertransaksi serta terdapat peningkatan penjualan bagi pedagang saat menyediakan QRIS daripada sebelum menyediakan QRIS. Alat pembayaran QRIS tidak hanya memberikan kemudahan bagi para konsumen tetapi juga bagi para pelaku pedagang dengan mengunakan metode ini ada banyak manfaat yang didapat oleh pedagang, seperti penjualan berpotensi meningkat karena dapat menerima pembayaran berbasis segala QR, meningkatkan pencitraan merek, terhindar dari uang palsu, hingga tidak perlu menyediakan uang palsu. Mekanisme pembayaran dituntut untuk selalu menikuti kebutuhan-kebutuhan di masyarakat seperti perpindahan dana yang cepat, efesien dana aman.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PRAKTIK PEDAGANG DALAM BERTRANSAKSI MENGGUNAKAN QUICK RESPONSE INDONESIA STANDARD (QRIS) |
---|---|
Pengarang | SAFIRA NURFAISA RAMADANA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI SAF p 2024 |
Subyek | QRIS pedagang PRAKTIK TRANSAKSI |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | pembangunan sosial |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY