PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SAMARINDA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN “LEARNING BY DOING”
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Samarinda dengan menerapkan model pembelajaran learning by doing. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII I SMP Negeri 2 Samarinda tahun pembelajaran 2023/2024 dengan jumlah 30 siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus, dengan tahapan penelitian yakni perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Dari permasalahan yang telah dianalisis pada kegiatan prasiklus akan diberikan tindakan pada pelaksanaan siklus I. Selanjutnya, permasalahan yang terjadi pada siklus I akan ditindaklanjuti kembali pada siklus II. Hasil belajar siswa pada kegiatan prasiklus sebelum diterapkannya model pembelajaran learning by doing mendapatkan nilai rata-rata 67,8 dengan kriteria nilai kurang. Kemudian dilakukan tindakan pada siklus I dengan menerapkan model pembelajaran learning by doing dan terjadi peningkatan nilai hasil belajar siswa dengan rata-rata 76,7 dan mendapat kriteria nilai cukup. Pada pelaksanaan tindakan siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 89,3 dengan kriteria nilai baik. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran learning by doing dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII I SMP Negeri 2 Samarinda.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SAMARINDA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN “LEARNING BY DOING” |
---|---|
Pengarang | PEBIANA PUTRI ENDRIAN - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI PEB p 2024 |
Subyek | Model Pembelajaran Menulis Puisi Learning by Doing |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY