Detail Cantuman Kembali
NORLELA - Personal Name

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Norlela, 2024. Pengembangan Media E-Learning Berbasis Edmodo Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Muara Muntai. Penelitian ini Di bimbing oleh Bapak Dr. Sudarman, S. Pd, M. Pd selaku Dosen Pembimbing I dan Bapak Ilham Abu, S. Pd, M. Pd selaku Dosen Pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik sehingga bisa lebih aktif dan ikut berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran e-learning berbasis edmodo, menguji tingkat kevalidan hasil pengembangan media e-learning dan mengetahui tanggapan siswa terhadap media e-learning berbasis edmodo dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 3 Muara Muntai.
Model penelitian yang digunakan model R&D (Research and Development) dan subjek penelitian siswa kelas X IPS SMA Negeri 3 Muara Muntai yang berjumlah 27 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket kelayakan yang dinilai oleh ahli media dan angket tanggapan siswa terhadap media pembelajaran.
Hasil media menunjukkan bahwa tingkat kelayakan dalam media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli media memperoleh rata-rata skor sebesar 2,755 dengan kriteria sangat baik yang artinya media yang dikembangkan menarik dan layak digunakan karena memiliki kelebihan seperti gambar serta tampilan yang membuat siswa tertarik belajar dengan media e-learning berbasis edmodo. Hasil tanggapan siswa menunjukkan hampir seluruh siswa memberikan tanggapan positif terhadap media pembelajaran e-learning berbasis edmodo. Berdasarkan hasil uji coba terbatas yang terdiri 27 siswa memperoleh presentase sebesar 77,8% yang artinya media e-learning berbasis edmodo sangat baik dan layak digunakan untuk ikut berpartisipasi dan lebih aktif kelebihan-kelebihannya yang diperlihatkan. Sehingga untuk meningkatkan hasil belajar siswa sangat efektif dalam proses belajar dikelas. Berdasarakan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran e-learning berbasis edmodo sangat baik dan layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa serta siswa yang ikut berpartisipasi dan lebih aktif memudahkan siswa dalam mengikuti pembelajaran .

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Pengarang NORLELA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NOR p 2024
Subyek Hasil Belajar
Media Pembelajaran E-learning,
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit
Jurusan PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua