PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS PLATFORM APLIKASI CANVA TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF (Studi Pra-Eksperimen pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Tunas Tridharma Plus Samarinda Tahun 2022)
Erna Sari, 2024. Pengaruh Media Audio Visual Berbasis Platform Aplikasi Canva Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf (Studi Pra-Eksperimen Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Tunas Tridharma Plus Samarinda Tahun 2022). Penelitian ini dibimbing oleh Lambang Subagiyo selaku Pembimbing I dan Malpaleni Satriana selaku Pembimbing II.
Media audio visual merupakan salah satu jenis media pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran, pesan dan informasi yang dapat disalurkan melalui media ini dapat berupa pesan verbal dan non verbal yang mengandalkan penglihatan dan pendengaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media audio visual yang berbasis platform canva terhadap kemampuan mengenal huruf dan untuk mengetahui perubahan kemampuan mengenal huruf pada anak. Penelitian ini menggunakan desain pra-eksperimen jenis one grup pre-test post-test design.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknis analisis data statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil perhitungan, nilai ratarata perkembangan mengenal huruf pada anak berskala 1 pada saat dilakukan pre-test, sehingga dapat disimpulkan bahwa sebelum eksperimen rata-rata kemampuan mengenal huruf pada anak belum berkembang. Setelah dilakukan eksperimen rata-rata nilai post-test anak berada dikisaran 3 maka dapat dikatakan jawaban pre-test berskala 3, sehingga dapat disimpulkan bahwa setelah eksperimen rata-rata kemampuan mengenal huruf pada anak sudah berkembang sesuai harapan, dari penjelasan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa media audio visual berbasis aplikasi platform canva memberikan pengaruh dan perubahan terhadap perkembangan mengenal huruf pada anak di TK Tunas Tridharma Plus Samarinda.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS PLATFORM APLIKASI CANVA TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF (Studi Pra-Eksperimen pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Tunas Tridharma Plus Samarinda Tahun 2022) |
---|---|
Pengarang | Erna Sari - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ERN p 2024 |
Subyek | Media Audiovisual Anak Usia 4- 5 Tahun Aplikasi Canva Kemampuan Mengenal Huruf. |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY