Pemahaman Guru Mata Pelajaran IPA dan Fisika Terhadap Soal Dalam Taksonomi Bloom Revisi di Kota Balikpapan (Materi:Optika)
Guru perlu memiliki pemahaman yang baik dalam menggunakan taksonomi Bloom revisi untuk evaluasi dan penilaian pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pemahaman guru terhadap penggunaan teksonomi Bloom revisi dalam menyusun soal fisika, khususnya pada materi optika. Jenis penelitian yang digunakan yaitu dekskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi pengambilan sampel adalah Guru Mata Pelajaran IPA dan Fisika di Kota Balikpapan yaitu 50 guru SMP dan 10 guru SMA. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria guru yang mengajar mata pelajaran Fisika untuk SMP dan SMA. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes dan dianalisis berdasarkan kategori yang telah ditemukan. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu pemahaman guru terhadap dimensi kognitif pada kategori rendah yaitu 28,6%. Sementara pada pemahaman guru terhadap dimensi pengetahuan berada pada kategori sedang yaitu 42,5%. Pemahaman guru terhadap dimensi kognitif dan pengetahuan sangat rendah yaitu 13,95%. Hasil ini menunjukkan perlunya peningkatan pemahaman guru fisika dan IPA di kota Balikpapan pada dimensi kognitif khususnya pada C6 dan dimensi pengetahuan khusus nya pada pengetahuan prosedural
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pemahaman Guru Mata Pelajaran IPA dan Fisika Terhadap Soal Dalam Taksonomi Bloom Revisi di Kota Balikpapan (Materi:Optika) |
---|---|
Pengarang | Muhammad Luthfi Hibatullah - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MUH p 2024 |
Subyek | dimensi kognitif Pemahaman Guru Dimensi Pengetahuan Taksonomi Bloom Revisi, Optika |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Fisika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY