PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 SEKOLAQ DARAT
Penggunaan model pembelajaran yang tepat, dapat mempengaruhi proses pembelajaran, diperlukan perubahan baru dalam menghadapi perubahan zaman yang semakin maju. Model pembelajaran konvensional masih menjadi pilihan utama untuk mengajar, mata pelajaran IPS yang merupakan salah satu mata pelajaran yang lebih banyak memuat teoritis ketimbang praktek, hal inilah yang menjadikan mata pelajaran IPS kurang diminati oleh siswa akhirnya berujung pada hasil belajar yang jauh dari harapan mengingat materi yang terlalu banyak. Model pembelajaran kooperatif tipe talking stick adalah salah satu model dari pembelajaran kooperatif yang bukan hanya belajar tapi juga dapat bermain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sekolaq Darat. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasy eksperiment dengan subjek penelitian siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sekolaq Darat pada kelas VIII A sebanyak 27 siswa sebagai kelompok kontrol dan VIII sebanyak 27 siswa sebagai kelompok eksperimen. Pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan teknik observasi dan tes. Hipotesis pada penelitian ini diuji dengan menggunakan uji mann whitney. Hasil penelitian yang diperoleh adalah hasil asymp sig 2 tailed 0,009 < 0,05 maka H 0 ditolak dan H a diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sekolaq Darat.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 SEKOLAQ DARAT |
---|---|
Pengarang | OMI PRAMIDA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI OMI p 2024 |
Subyek | Hasil Belajar Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Ekonomi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY