PENERAPAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET B BERBASIS KURIKULUM MERDEKA DI SPNF SKB 1 KOTA SAMARINDA
Pendidikan kesetaraan paket B berbasis kurikulum merdeka merupakan program pendidikan nonformal yaitu setara dengan pendidikan formal SMP/MTs. Penyelenggaraan pendidikan kesetaraan ini diselenggarakan dengan mengikuti kurikulum yaitu kurikulum merdeka dan diharapkan menjawab Solusi Masyarakat yang putus sekolah atau yang memerlukan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran pendidikan kesetaraan paket B berbasis kurikulum merdeka di SPNF SKB 1 Kota Samarinda, 2) mendeskripsikan factor yang mempengaruhi keberhasilan proses penerapan pembelajaran pendidikan kesetaraan paket B berbasis kurikulum merdeka di SPNF SKB 1 Kota Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Triangulasi yang dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan wawancara sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Proses pembelajaran pendidikan kesetaraan paket B berbasis kurikulum merdeka di SKB 1 Kota Samarinda terdiri dari tiga tahapan yaitu a) perencanaan pembelajaran yaitu kajian kurikulum dan perangkat pembelajaran, b) pelaksanaan pembelajaran, meliputi proses pembelajaran, metode dan media pembelajaran c) penilaian pembelajaran diawali dengan kepala lembaga memonitoring setiap perencanaan yang tutor akan jalankan untuk melihat sejauh mana persiapan tutor untuk melaksanakan tugasnya sebagai pendidik. Tutor melaksanakan penilaian pembelajaran sebagai evaluasi kegiatan belajar dengan memberikan soal kepada setiap warga belajar paket B. penilaian dilaksanakan setiap kali pertemuan. 2) faktor yang mempengaruhi keberhasilan penerapan pembelajaran pendidikan kesetaraan paket B berbasis kurikulum merdeka yaitu untuk faktor intern yaitu faktor jasmani, untuk faktor ekstren yaitu keluarga, keadaan ekonomi keluarga, dan pengertian orang tua.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENERAPAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET B BERBASIS KURIKULUM MERDEKA DI SPNF SKB 1 KOTA SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | DIAH WULANDARI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI DIA p 2024 |
Subyek | Pembelajaran, Kurikulum Merdeka Pendidikan Kesetaraan, |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN MASYARAKAT |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY