Detail Cantuman Kembali
MUHAMMAD LUTHFI RAHMAN - Personal Name

STRATEGI PEMASARAN TANAMAN HIAS KAKTUS (STUDI KASUS : VIE CACTUS SAMARINDA)

Hortikultura adalah salah satu subsektor pertanian yang memiliki potensi besar, terutama dalam komoditi tanaman hias. Kaktus termasuk jenis dari tanaman hias yang banyak diminati oleh masyarakat. Kota Samarinda menawarkan peluang yang sangat potensial bagi para pengusaha di industri tanaman hias, karena masyarakat Kota Samarinda semakin mengadopsi gaya hidup yang berkembang dan mengikuti tren. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran tanaman hias kaktus dengan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal pada usaha Vie Cactus Samarinda serta untuk mengetahui strategi pemasaran yang dapat dilakukan oleh Vie Cactus. Penelitian ini dilaksanakan di usaha Vie Cactus Samarinda pada bulan Oktober 2023 hingga januari 2024. Metode pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara terhadap responden, dan studi kepustakaan. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan pendekatan purposive sampling, yaitu pemilik dan para pekerja di usaha Vie Cactus serta 10 konsumen. Analisis data menggunakan metode analisis SWOT dan analisis lingkungan internal serta eksternal (IFAS dan EFAS). Faktor internal kekuatan utama Vie Cactus adalah terdapat berbagai macam jenis, ukuran, dan harga kaktus yang bervariasi, memberikan garansi kerusakan untuk pemesanan online melalui media sosial, dan memiliki modal yang cukup dengan skor 0,53. Faktor kelemahan yang paling berpengaruh adalah belum memanfaatkan platform e-commerce sebagai media pemasaran dengan skor terendah, yaitu 0,03. Sedangkan, faktor eksternal peluang utama Vie Cactus adalah memiliki banyak supplier dengan skor 0,59. Faktor ancaman yang paling berpengaruh terhadap usaha Vie Cactus adalah adanya pesaing lainnya pada industri tanaman hias kaktus dan hama serta penyakit dengan skor 0,08. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alternatif strategi yang mendekati yaitu strategi kekuatan-peluang (S-O) yang terletak pada kuadran I atau mendukung strategi agresif, yaitu menggunakan faktor internal kekuatan untuk memanfaatkan faktor eksternal peluang yang ada. Strategi yang dapat dilakukan oleh Vie Cactus adalah mendistribusikan kaktus sampai ke luar Kota Samarinda, menyediakan bundling dengan harga yang lebih murah dan berbagai macam jenis dan ukuran serta harga yang bervariasi, melakukan pendekatan kepada setiap konsumen yang membeli kaktus di Vie Cactus melalui grup media sosial facebook komunitas tanaman hias kaktus, dan memanfaatkan jaringan pemasok dan pemasaran yang luas.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STRATEGI PEMASARAN TANAMAN HIAS KAKTUS (STUDI KASUS : VIE CACTUS SAMARINDA)
Pengarang MUHAMMAD LUTHFI RAHMAN - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MUH s 2024
Subyek Strategi
Pemasaran
tanaman hias
Kaktus
SWOT.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan AGRIBISNIS
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua