HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ONLINE DENGAN REGULASI EMOSI PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR YANG SEDANG MENGERJAKAN SKRIPSI
Mahasiswa tingkat akhir di sebuah perguruan tinggi memiliki kewajiban untuk mengerjakan skripsi sebagai syarat kelulusan. Sehingga diperlukan keterampilan psikologis untuk menghadapi kesulitan dalam mengerjakan skripsi salah satunya yaitu regulasi emosi. Mahasiswa yang mampu mengendalikan emosi melalui regulasi emosi dapat meningkatkan kemampuan untuk mengatasi permasalahan dalam menyelesaikan skripsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan sosial online dengan regulasi emosi pada mahasiswa akhir yang sedang mengerjakan skripsi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah 150 mahasiswa siswa akhir yang sedang mengerjakan skripsi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman yang dipilih dengan menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan skala regulasi emosi dan dukungan sosial online. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji analisis korelasi pearson product moment. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil penelitian bahwa terdapat hubungan antara dukungan sosial online dan regulasi emosi pada mahasiswa akhir Tingkat akhir yang sedang mengerjakan skripsi dengan r hitung = 0.746, p = 0.000 < 0.05.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ONLINE DENGAN REGULASI EMOSI PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR YANG SEDANG MENGERJAKAN SKRIPSI |
---|---|
Pengarang | Raudatun Nisa - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI RAU h 2024 |
Subyek | Skripsi dukungan sosial online, regulasi emosi, mahasiswa akhir |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | PSIKOLOGI |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY