INOVASI PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU (PATEN) DI KELURAHAN MUARA JAWA ILIR KECAMATAN MUARA JAWA KAB. KUTAI KARTANEGARA
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengidentifikasi kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan inovasi Pelayanan Administrasi Terpadu (PATEN) di Kelurahan Muara Jawa Ilir, Kecamatan Muara Jawa. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif, yang dilakukan langsung di lokasi penelitian. Inovasi PATEN yang diterapkan mencakup peningkatan fasilitas dan aksesibilitas, efisiensi proses dokumen, serta peningkatan kualitas layanan dengan fokus pada transparansi dan akuntabilitas. Studi ini menemukan bahwa pendekatan yang lebih terbuka, ramah, dan partisipatif dalam PATEN berhasil memperkuat hubungan antara pemerintah dan masyarakat, meningkatkan kepuasan masyarakat, serta mendorong partisipasi dan umpan balik dari mereka. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan inovasi yang efektif dapat meningkatkan kualitas layanan publik, memperkuat partisipasi masyarakat, dan meningkatkan efisiensi serta akuntabilitas dalam pemerintahan, dengan PATEN di Kelurahan Muara Jawa Ilir menjadi contoh yang baik dalam konteks ini.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | INOVASI PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU (PATEN) DI KELURAHAN MUARA JAWA ILIR KECAMATAN MUARA JAWA KAB. KUTAI KARTANEGARA |
---|---|
Pengarang | RUDIANSYAH - Personal Name |
No. Panggil | TESIS RUD i 2024 |
Subyek | Inovasi Pelayanan PATEN Pelayanan Administrasi Terpadu |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | MAGISTER ADMINISTRASI PUBLIK |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY